HUKUM

DPC PDIP Karo Desak Polres Tuntaskan Kisruh Desa Lingga

Terkait Tragedi Berdarah di Karo

print
p_20160906_111357TANAH KARO | KABAR SUMUT

Terkait kericuhan di Desa Lingga Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo, Jumat (29/7) lalu terkait soal lahan relokasi mandiri hingga menyerang Mapolres Karo, DPC PDIP Kab Karo mendesak Polres Karo segera menuntaskan persoalan hukum menyangkut isu provokator atas tragedi Desa Lingga.Sehingga tidak ada multi tafsir dalam penegakan hukum di tengah-tengah masyarakat.

“Isu provokator dari masyarakat yang melakukan demo ke Kantor DPC PDIP Kab Karo, Selasa (6/9) kemarin menyinggung indikasi keterlibatan anggota Fraksi PDIP Kab Karo, agar polisi melakukan penyidikan secara tuntas terhadap isu provokator yang disampaikan oleh warga.

Sehingga tidak sepihak isu provokator itu seolah-olah ada oknum anggota DPRD Karo dari Fraksi PDIP yang terlibat,”ujar Plh Ketua DPC PDIP Karo Mangapul Purba SE didampingi Wakil Ketua Bidang Hukum Masdin DT Ginting di Sekretariat DPC PDIP Kab Karo Jalan Jamin Ginting Kabanjahe, Rabu (7/9).

Menurut Mangapul Purba, Partai PDIP berjanji, bila ada anggota yang terlibat dalam kasus itu akan ditindak sesuai dengan AD/ART partai PDIP.“Partai tidak akan tinggal diam membiarkan isu tersebut bagai bola liar yang nantinya akan merugikan diri sendiri.Apalagi ini menyangkut kepentingan rakyat banyak, tentunya kita akan berada digaris paling depan dalam membela dan memperjuangkan hak rakyat, “katanya.

Ia menambahkan pada saat ini partai sudah bekerja guna menetralisir kebenaran atas isu tersebut untuk melakukan penelitian, pengumpulan data-data dan fakta serta berkoordinasi dengan instansi dan pihak mengenai isu keterlibatan anggota DPRD Karo dari fraksi PDIP.

“Apabila ada bukti yang kuat atas keterlibatan anggota DPRD Karo dari Fraksi PDIP itu, tentunya akan diproses sesuai AD/ART Partai PDIP.Pekan depan sudah ada keputusan DPC PDIP Kab Karo secara internal.

Kami tidak akan melindungi oknum anggota DPRD Karo jika terbukti keterlibatan dalam kericuhan itu,”ungkapnya.
Ia juga meminta kepada Pemkab Karo segera menuntaskan penanganan pengungsi erupsi Sinabung. Presiden RI, Joko Widodo, menginstruksikan semua pihak, terutama Pemkab Karo dan jajaran, agar melaksanakan komitmen bahwa pada akhir 2016 semua pengungsi korban dampak erupsi Gunung Sinabung sudah menempati relokasi. “Presiden berpesan, akhir tahun ini tidak ada lagi pengungsi Sinabung di posko penampungan, melainkan semuanya sudah menempati relokasi,”katanya.

Karena itu,lanjutnya, DPC PDIP akan mengawal kebijakan untuk penuntasan penanganan pengungsi erupsi Sinabung di daerah ini. Hal ini menjadi salah satu prioritas. “BPBD Kab Karo sudah harus menuntaskan penanganan pengungsi tahun ini.Sebab apabila penanganan pengungsi tidak tuntas tahun ini, bakal menimbulkan bola liar,”pungkasnya.

Sebelumnya, anggota Fraksi PDIP Kab Karo, Martin Luther Sinulingga ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (6/9) mengatakan bukti apa yang dituduhkan dirinya terlibat dalam kericuhan itu “Fakta yang akan membuktikan kebenaran atas isu tersebut, apakah saya terlibat atau tidak.Bisa saja sembarangan orang ngomong tanpa ada bukti dan fakta. Itu namanya Tong Kosong Nyaring Bunyinya, ”katanya.

Menurutnya, negara kita negara hukum, kalau ada bukti keterlibatan dirinya intitusi dan wewenang yang berhak memanggil.Kalau ada masyarakat menghakimi saya.
Sekali lagi itu namanya Tong Kosong Nyaring Bunyinya. Sampaikan lapor ke polisi. Jangan diplotisir,”katanya.
Lebih lanjut dikatakan, dirinya juga sudah membuat laporan ke Poldasu atas pencemaran nama baik, ujarnya.

  • ROBINSON PURBA
Ke Atas