Wisata

Bupati Karo Harapkan Agar Pemerintah Pusat Bangun Akses Parawisata Danau Toba

print

Bupati Karo Terkelin Berahmana,Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, Kepala Badan Otorita Danau Toba Arie Prasetyo, Arya Sinulingga, Dirjen Pemasaran Otorita Danau Toba Basar Simanjuntak , Kepala Dinas PU Ir. Paten Purba, Kepala Dinas Pariwisata Ir. Mulia Barus, Plt Kepala Bappeda Abel Tarwai Tarigan foto Bersama, Sabtu (04/3). KABAR SUMUT/robinson purba

TANAH KARO | KABAR SUMUT

Pemerintah Kabupaten Karo Bersama Badan Otorita Danau Toba (BODT) melaksanakan Survey jalan Alternatif Serdang-Desa Rumah Liang kemudian turun langsung ke lapangan guna pembahasan potensi Pariwisata Danau Toba terkhusus yang masuk wilayah Kabupaten Karo, Sabtu (04/3/2017).

Rombongan yang berangkat ke lokasi antara lain Bupati Karo Terkelin Berahmana, Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, Kepala Badan Otorita Danau Toba Arie Prasetyo, Tokoh Karo Arya Sinulingga, Dirjen Pemasaran Otorita Danau Toba Basar Simanjuntak , Kepala Dinas PU Ir. Paten Purba, Kepala Dinas Pariwisata Ir. Mulia Barus, Plt Kepala Bappeda Abel Tarwai Tarigan, Anggota DPRD Kab Karo Rapi Ginting dan Firdaus Sitepu, Camat Barus Jahe Kalsium Sitepu, Camat Merek Tomy Sidabutr

Peninjauan dilakukan untuk melakukan survei lokasi jalan alternatif Serdang- Desa Rumah Liang agar diperjuangkan sebagai jalan Nasional sebagai pengganti jalan Medan-Kabanjahe yang sering terkena macet akibat padatnya lalu lintas dan bencana alam.

Pada saat melakukan survei lokasi Serdang-Desa Liang, Camat Barus jahe Kalsium Sitepu memandu kegiatan tersebut dan diikuti oleh rombongan BODT.

Melihat kondisi jalan tersebut, Bupati Karo dan Wakil Bupati Karo berharap jalan ini bisa segera dibangun dan meminta kepada Camat Barusjahe agar melakukan musyawarah dengan masyarakat yang terkena dampak pembukaan jalan ini dengan sesegera mungkin.

Selesai melakukan peninjauan Jalan Serdang-Desa Liang Bupati Karo dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju potensi Pariwisata di Tongging Danau Toba.

Melihat keindahan potensi wisata Danau Toba tokoh masyarakat Karo Arya Sinulingga berharap agar di daerah Tongging dibangun pelabuhan dan penambahan armada pelayaran untuk meningkatkan aksesbilitas perjalanan wisatawan dalam menikmati indahnya Danau Toba.

Kemudian Arie Prasetyo menambahkan bahwa dalam hal pembangunan danau toba ini akan secepatnya dilaksanakan karena ini merupakan salah satu Misi beliau sebagai Kepala Badan Otorita Danau Toba.

Bapak Basar Simajuntak selaku Dirjen Pemasaran Pariwisata juga menambahkan agar Pemkab Karo segera membuat Peraturan Daerah (PERDA) Karo tentang Objek Wisata di Kabupaten Karo.

“apabila kegiatan ini tidak segera kita selesaikan, Pemerintah Pusat kemungkinan akan mengalihkan dana tersebut “ujarnya.

Sepulang melihat potensi wisata di Tongging, rombongan bergerak menuju puncak Gunung Sipiso-Piso.

Diatas puncak dengan ketinggian 1900 m di atas permukaan laut, Arie Prasetyo sebagai Dirut Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba merasa kagum melihat pemandangan Danau Toba dari puncak Gunung Sipiso-Piso yang sangat indah.

Melihat kondisi tersebut Arie Prasetyo menegaskan bahwa pembangunan aksesbilitas menuju Danau Toba akan segera dibangun karena atraksi wisata Danau Toba yang berada di wilayah Kabupaten Karo sangat bagus dan indah.

Langkah-langkah yang akan dilaksanakan oleh Badan Otoriter Danau Toba dalam mengembangkan pariwisata di kawasan Danau Toba ini adalah dengan pembangunan Akses menuju daerah wisata Danau Toba,”kata Dirjen Pemasaran BODT Basar Simanjuntak.

“Kami sudah membuat Master Plan terkait pengembangan Potensi Wisata Danau Toba terutama di Wilayah Kabupaten Karo, kami Badan Otoriter Danau Toba juga menantang Pemerintah Kabupaten Karo untuk memperbanyak Festival di lokasi wisata Danau Toba seperti Pesta Bunga dan Buah” lanjut Basar.

Dalam pengembangan potensi wisata ini Bupati Karo didampingin oleh Wakil Bupati Karo mengharapkan kepada pemerintah Pusat melalui Badan Otoriter Danau Toba agar aksesbilitas dapat segera dibangun dan target Badan Otoriter Danau Toba sebanyak 1 juta Wisatawan Berkunjung ke Kabupaten Karo tahun 2019 tercapai.

Sepulang dari puncak Gunung Sipiso- Piso rombongan berangkat menuju pemandangan air terjun Sipiso-Piso
menikmati keindahan air terjun.

Selesai melihat keindahan air terjun Sipiso- Piso rombongan kembali ke rumah dinas Bupati Karo untuk melanjutkan makan malam sambil membahas lebih lanjut mengenai pengembangan potensi wisata di Kabupaten Karo terutama di Danau Toba.

Di rumah dinas Bupati Karo, Wakil Bupati Karo juga berharap agar semua pihak mendukung kegiatan pelaksanaan pengembangan wisata di kabupaten Karo.

Arya Sinulingga selaku putra daerah Karo mengatakan,”saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendukung kegiatan pengembangan potensi wisata karo ini terutama pada bidang infrastrukturnya.

Menutup acara kunjungan kerja untuk melihat dan membahas pengembangan potensi wisata karo, Arie Prasetyo sekali lagi menegaskan akan segera membenahi infrastruktur wisata Danau Toba di Kabupaten Karo yang memiliki panorama indah dan juga aksesbilitasnya akan segera diusulkan ke Pemerintah Pusat.

  • ROBINSON PURBA
Ke Atas