PRO-DESA

Wakil Walikota Dan TPID Tanjung Pinang Study Banding ke Kabupaten Karo

print

Wakil Walikota Tanjungpinang Syahrul memberikan Cendramata kepada Wakil Bupati Karo Cory Sebayang, Kamis (30/3). KABAR SUMUT/robinson purba

TANAH KARO | KABAR SUMUT

Mengingat Kabupaten Karo dikenal sebagai daerah sentra pertanian, Wakil Walikota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau Shayrul beserta anggota TPID Kota Tanjung Pinang yang terdiri dari Aggota DPRD, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Kadis Perdagangan dan Perindustrian, Kadis Pertanian, Direktur BUMD, Kabag Ekonomi, dan staff melakukan Kunjungan kerja studi banding ke Kabupaten Karo, Kamis (30/3).

Rombongan di sambut oleh Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang didampingi Plt. Sekdakab Karo Jernih Tarigan dan TPID Kabupaten Karo serta beberapa kepala SKPD. Selanjutnya Tim Pemantau dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tanjung Pinang berdiskusi mengenai maksud dan tujuan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Karo yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati Karo.

Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang menyampaikan terimakasih atas kunjungan Wakil Walikota Tanjungpinang dan rombongan ke Kabupaten Karo.

Dalam kata sambutannya Wakil Bupati mengatakan, Kabupaten Karo merupakan sentra pertanian oleh karena itu hampir 70 % masyarakat karo adalah petani  dan berpenghasil dari pertanian berupa buah, sayur dan bunga.

Wakil Bupati juga menambahkan walaupun sampai saat ini Kabupaten Karo masih dilanda Erupsi Gunung Sinabung yang mengakibatkan beberapa kecamatan di kaki Gunung Sinabung produksi pertanian nya berkurang, namun di balik itu ada juga berkat yang diterima kecamatan-kecamatan lainya yang produksi pertanian nya meningkat, oleh karena itu produksi pertanian masih dapat stabil, katanya.

Wakil Walikota Kota Tanjungpinang Shayrul mengatakan maksud dan tujuannya berkunjung ke Kabupaten Karo, untuk melakukan studi banding dan bertemu dengan TPID Karo dan Petani Sayur dan Buah sehingga nantinya dapat bekerja sama antar daerah sebagai salah satu upaya pengendalian inflasi dapat tercapai.

Mengingat Kota Tanjungpinang dulunya merupakan Sumber Daya Bauksit yang teletak di Pulau Bintan namun saat ini Sumber Daya itu sudah sangat berkurang, oleh karena itu saat ini Pemko Tanjungpinang mulai beralih ke Pertanian. Untuk kebutuhan pokok di Kota Tanjungpinang sampai saat ini masih mengharapkan impor dari luar negeri karena itu kita berharap agar Pemko Tanjungpinang dan Pemkab Karo dapat menjalin kerjasama MoU yang saling menguntungkan dalam memenuhi kebutuhan pokok, mengingat di Kota Tanjungpinang juga sangat banyak masyarakat suku Karo yang tinggal disana, kami dari Pemko Tanjungpinang berharap Pemkab Karo juga bersedia melakukan kunjungan kerja kesana, kata Shayrul.

Usai berdiskusi rombongan Wakil Walikota Kota Tanjungpinang meninjau ke sentra penghasil sayur dan buah-buahan di Kabupaten Karo untuk berjumpa langsung ke Gapoktan dan pelaku-pelaku usaha didampingi TPID Kabupaten Karo.

  • ROBINSON PURBA
Ke Atas