KARO

Ketua Komisi A Minta Seluruh Truk Melebihi Muatan Segera Di Tindak

print

KABAR SUMUT/robinson purba

TANAH KARO | KABAR SUMUT

Dampak dari maraknya truk pengangkut hasil tambang yang melebihi muatan melintas di jalan raya Kabupaten Karo, ketua Komisi A DPRD Karo Iriani Br Tarigan angkat bicara dan meminta supaya instansi terkait yakni Polres dan Dishub Karo menertibkan dan menindak truk yang bermuatan melebihi tonase. Hal ini dikatakannya kepada KABAR SUMUT di gedung DPRD Karo Senin (3/4).

Menurut politisi PDI Perjuangan tersebut, bahwa truk bermuatan melebihi tonase merupakan salah satu faktor terbesar yang mengakibatkan rusaknya jalan raya. Oleh sebab itu pihak terkait harus menghentikan dan atau melarang truk tersebut melintas di Kabupaten Karo.

Selain penyebab rusaknya jalan, konvoi truk bermuatan melebihi tonase tersebut juga sangat meresahkan pengendara lainnya. Hal ini dikarenakan pengendara lainnya mengalami kesulitan mendahului rombongan truk yang konvoi. Akibatnya, kemacetan yang berkepanjangan pun jarang dapat dielakkan.

Lanjutnya, pihak Polres Karo hendaknya harus berani dan tidak pandang bulu dalam menindak truk yang melebihi tonase tersebut. “Tidak usah muluk muluk lah pakai alasan bahwa truk itu tidak kelebihan tonase. Kita yang awam pun pasti tahu,” katanya.

Katanya, pemasukan yang dihasilkan daerah tidaklah seimbang dengan pengeluaran untuk perbaikan jalan yang rusak. Parahnya lagi, selain jalan sudah rusak, tidak ada yang dihasilkan untuk menambah PAD di Kabupaten Karo. “Kita harus jaga dan rawat aset jalan sebagai fasilitas umum,” katanya.

Ia juga mengatakan rasa terimakasih dan apresiasi terhadap personel Satlantas Polres Tanah Karo yang mau dan sudah memiliki niat menimbun jalan raya yang berlubang beberapa waktu yang lalu. Hal ini dilakukan pihak satlantas sebagai pengabdian kepada masyarakat dan menghindari kecelakaan dan kemacetan yang ditimbulkan jalan rusak parah berlubang. “Kita apresiasi yang seperti itu, kiranya berkelanjutan,” kata Iriani.

Harapannya, pihak terkait di Tanah Karo harus berani dan bertindak dini seperti yang dilakukan Polres Humbahas yang menindak dan melarang truk logging yang melebihi tonase melintas di jalan raya. Sehingga jalan raya sebagai aset pemerintah untuk kepentingan umum tetap terjaga dan terawat. “Jangan karena ada saweran, pihak terkait lebih memilih bungkam,” katanya mengakhiri.

  • ROBINSON PURBA
Ke Atas