KARO

BUPATI KARO PERINTAHKAN NORMALISASI JALUR IRIGASI DESA BULAN JULU

print

Bupati Karo Terkelin Brahmana tinjau irigasi di desa Bulan Julu. KABAR SUMUT/robinson purba

TANAH KARO | KABAR SUMUT

Saluran Irigasi di Desa Bulan Julu Kecamatan Barusjahe Kabupaten Karo sudah lama tidak berfungsi. Saluran irigasi ini dari dulunya digunakan penduduk Desa Barus Julu sebagai pengairan untuk bersawah.

Melihat kondisi saluran irigasi tersebut, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH langsung turun ke lapangan bersama Kadis PU Karo, Ir Paten Purba, Kadis Pertanian Karo, Sarjana Purba, Kadis Ketahatan Pangan Edison Karo-Karo dan Camat Barus Jahe Kalsium Sitepu serta Kades Barus Julu Benny Ginting, Rabu (17/5).

Amatan Kabar Sumut, kedatangan rombongan Bupati Karo disambut baik oleh Kepala Desa Barus Julu Benny Ginting dan melaporkan kepada Bupati Karo bahwa saluran Irigasi tersebut sudah lama tidak berfungsi sebagai pengairan untuk bercocok tanam masyarakat Desa Bulan Julu.

“Saluran irigasi tersebut berkisar sekitar 3 km menuju Sungai Laudah, kami berharap Pemerintah Daerah agar membantu kami dalam memperbaiki saluran irigasi tersebut untuk memperbaiki kebutuhan penduduk desa Barus Julu”. Ungkap Benny Ginting kepada Bupati Karo.

Sementara itu,dalam peninjauan ke lapangan, Bupati Karo memerintahkan kepada Dinas PU Kabupaten Karo agar segera turun tangan untuk menormalisasi jalur irigasi desa Bulan Julu demi kesejahteran pengairan khususnya di Desa Bulan Julu.

“Kepada Masyarakat Desa Bulan Julu agar bergotong-royong untuk membersihkan Jalur Irigasi tersebut, dan Selebihnya Pemerintah Daerah yang menangani perbaikan Daerah Saluran Irigasi ini” Ujar Bupati Karo.

Selanjutnya, peninjauan saluran irigasi ini juga menimbulkan suatu ide yang bagus yaitu dengan adanya saluran irigasi ini, daerah tujuan wisata di Tanah Karo juga dapat bertambah dengan membuat alur arum jeram di saluran Irigasi tersebut”,kata Bupati Karo

“Apabila saluran irigasi ini sudah dapat dipergunakan, ini dapat kita jadikan sebagai tempat wisata arum jeram di daerah ini, kita akan berusaha memfasilitasi melalui dinas-dinas terkait.” tambah Bupati Karo.

  • ROBINSON PURBA 
Ke Atas