PRO-DESA

WAKIL BUPATI HADIRI PENYERAHAN KUNCI RUMAH HUNTAP PENGUNGSI 3 DESA

print

Wakil Bupati Karo di sambut warga dengan penyematan pakaian tradisi Karo, Rabu (07/6). KABAR SUMUT/ robinson purba

TANAH KARO | KABAR SUMUT

Sebanyak 47 unit bantuan rumah Hunian Tetap (Huntap) program Relokasi Mandiri diserah terimakan kepada warga 3 desa pengungsi Sinabung (Berastepu, Kutatonggal, dan Gamber) di Juma Jalang Desa Nangblawan, Kecamatan Simpang Empat, Rabu (7/6).

Kunjungan Wakil Bupati Karo, Cory S Sebayang menghadiri acara penyerahan Rumah Hunian Tetap (Huntap) dan sekaligus melakukan pengguntingan pita dan pembukaan rumah baru untuk warga pengungsi penerima manfaat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menjelaskan sebelumnya mohon maaf atas ketidak hadiran Bapak Bupati Karo yang berdinas luar saat ini. Kehadiran warga pengungsi dari tiga desa ke desa Nangblawan, kami dari Pemerintahan Kabupaten Karo sangat mengapresiasi yang telah menerima baik pengungsi Sinabung.

“dalam hal ini, kami juga dari Pemerintah Daerah Karo mengucapkan banyak terimakasih kepada desa Nangblawan dan telah menerima saudar-saudara pengungsi Gunung Sinabung yang telah membuat pilihan disini, dan kami juga berharap kepada saudara-saudara yang telah menentukan pilihan di desa Nangbelawan ini agar menjadikan rumah ini tempat yang terbaik.

Pemerintah Daerah Karo sangat memperhatikan warganya, kami akan mempercepat pemasangan listrik dan air, dan kami akan memberikan bantuan ke setiap penerima manfaat sebanyak 3 juta rupiah. ‘Endam kurang endam lebih’, namun besar harapan kami kebersamaan harus dijaga teguh, karena dengan berbagai desa yang kita hadir disini dapat menyatu dan sekiranya dapat menjadikan desa yang disebut madu,” ungkap Cory

Adapun rincian rumah yang diserah-terimakan dari pihak ketiga (pengembang) ke warga pengungsi penerima manfaat bantuan Relokasi Mandiri, 12 rumah untuk desa Beratepu, 19 unit untuk desa Gamber, dan desa kutatonggal sebanyak 16 unit.

Menurut, ketua aron (kelompok) pembangunan hamparan Juma Jalang desa Nangblawan, Robin Perangin-angin, kegiatan penyerahan 47 unit rumah bantuan hunian tetap untuk relokasi mandiri kepada warga yang memilih di lokasi juma jalang. Sebutnya, 7 unit rumah masih dalam tahap finishing dan dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan proses yang sama.

Dirinya juga mengapresiasi pihak pemerintahan desa nangblawan, Kecamatan Simpang Empat yang telah berempati menerima keberadaan warga pengungsi di desa tersebut.

“berdasarkan pengalaman kita dalam menjalani proses dari awal untuk pembangunan Hunian Tetap pengungsi Sinabung begitu berat dan tidak gampang. Dan kita tahu dampak sosial yang tergiring opini menimbulkan sejumlah kendala,” kata Robin

“Dari itu, kita simpulkan rasa syukur kita atas terlaksananya pembangunan Hunian tetap relokasi Mandiri hingga tuntas. Meskipun itu belum maksimal, disisi lain, Desa yang telah menerima keberadaan kami di juma jalang desa Nangblawan kami ucapkan ‘Bujur melala’ (banyak terimakasih), dan besar harapan kami, warga yang akan mendiami rumah ini dapat segera mendapat fasilitas seperti layaknya ” tambahnya.

Sementara, penjelasan Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD, Suharta Sembiring,ST didampingi Sekretaris BPBD, Aswin Ginting,SE,” untuk sementara dalam pembangunan rumah kita berupaya lebih baik dan lebih aman dari bencana, pihak kita dari BPBD sendiri ikut mengapresiasi terhadap pembangunan ini, selanjutnya kita menyiapkan prioritas yang lebih penting yaitu air bersih dan penerangan. Untuk pelaksanaannya pihak kita telah memiliki jadwal dan sudah diatur untuk pelaksanaan pembangunan relokasi mandiri per 31 agustus paling lambat kita harus sudah menyelesaikan ini secara keseluruhan. Artinya, makin cepat makin baiklah, seperti kata bapak jusuf kalla,” kata Suharta.

Usai pelaksanaan buka kunci, pihak pengembang juga menyerahkan surat alas hak ke seluruh penerima manfaat bantuan rumah Hunian Tetap ke 47 warga pengungsi.

Turut hadir dalam kegiatan penyerahan kunci bantuan rumah, wakil bupati karo Cory S Sebayang, Kadis Sosial Benyamin Sukatendel, BPBD, Moderamen GBKP, Polres Karo, Kapolsek Simpang Empat, dan penerima manfaat bantuan rumah Relokasi Mandiri.

  • ROBINSON PURBA
Ke Atas