KARO

348 Unit Huntara Korban Erupsi Gunung Sinabung Diresmikan

Wagubsu Brigjen (Purn) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana SH memberikan kunci secara simbolis kepada warga saat peresmian huntara di Desa Ndokum Siroga. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO | KABAR SUMUT

Sebanyak 348 unit hunian sementara (huntara) korban erupsi Gunung Sinabung diresmikan di Desa Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat, Kamis (11/1/2018). Peresmian ini ditandai pemberian kunci secara simbolis kepada warga oleh Wagubsu Brigjen (Purn) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana SH.

Pembangunan huntara ini merupakan bagian dari penanganan bencana erupsi Gunung Sinabung, khususnya bagi warga yang selama ini ditempatkan di posko pengungsian.

Huntara ini dibangun oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang berjumlah 348 unit dan tersebar di 4 titik diantaranya, 3 titik di Desa Ndokum Siroga dan 1 titik di Desa Jandi Meriah, Kecamatan Tiganderket.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dalam kesempatan ini menyampaikan, peresmian huntara ini merupakan bukti nyata bahwa pemerintah tidak membiarkan masyarakatnya sendiri dalam menghadapi bencana.

“Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, tetapi tetap didukung seluruh komponen dan masyarakat, agar penanganan bencana dapat segera diselesaikan. Warga diharapkan agar benar-benar memfungsikan dan merawat hunian sementara ini dengan baik,” jelas Terkelin.

Sementara, Wagubsu Brigjen (Purn) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH berharap agar bencana Gunung Sinabung dapat segera berakhir. “Mari bersama-sama menjaga dan memanfaatkan huntara ini dengan sebaik-baiknya. Jadikanlah huntara ini menjadi tempat yang ramah dan damai,” harap Nurhajizah.

Ia juga mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo untuk selalu melakukan konsultasi dan koordinasi dalam penanganan bencana ini, serta terus melakukan pelayanan, pembinaan dan pemantauan terhadap warga yang berada di lokasi huntara maupun di lokasi hunian tetap (huntap).

Berdasarkan amatan KABAR SUMUT, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pemberian bantuan bagi korban bencana alam gempa bumi yang terjadi pada bulan Januari 2017 lalu, yang berasal dari provinsi Sumatera Utara.

Turut hadir diantaranya, Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang, Deputi Tanggap Darurat BNPB Yolak Dalimunthe, Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis, Dandim 0205/TK Letkol Inf. Taufik Rizal Batubara SE, Kapolres Karo AKBP Benny Remus Hutajulu SIK, SKPD Provinsi Sumut, para Staf Ahli, para Asisten dan SKPD Pemkab Karo.

REL/ HUMAS DAN PROTOKOL PEMKAB KARO

Ke Atas