KARO

Bupati Karo Buka Rapat Harmonisasi Program Kerja TP PKK Se Kab Karo 2018

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny. Sariaty Terkelin Brahmana menyampaikan sambutan dalam rapat harmonisasi program kerja TP PKK se Kabupaten Karo Tahun 2018. KABAR SUMUT/Ist

print
KABANJAHE | KABAR SUMUT

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH secara resmi membuka rapat harmonisasi program kerja Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) se Kabupaten Karo Tahun 2018 di Jambur Pemkab Karo, Senin (19/2/2018).

Hadir dalam acara pembukaan rapat tersebut diantaranya, Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang, Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny. Sariaty Terkelin Brahmana, anggota DPRD Karo Thomas Joverson Ginting dan Jon Karya Sukatendel.

Dalam laporannya, Ketua TP PKK Kab Karo Ny. Sariaty Terkelin Brahmana menjelaskan, tujuan rapat ini yakni untuk meningkatkan koordinasi guna mensinergikan kegiatan-kegiatan satuan kerja perangkat daerah yang tergabung dalam tim pembinaan PKK dengan TP PKK Kabupaten Karo 2018 ini.

Dipaparkan, di tahun ini, TP PKK Kabupaten Karo membuat program kerja yang menjadi prioritas yaitu kecamatan atau desa percontohan untuk diperlombakan di tingkat provinsi yaitu Desa Sempajaya Kecamatan Berastagi sebagai desa pelaksanaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

Selain itu, Desa Kuala Kecamatan Tiga Binanga sebagai desa pelaksana hatinya PKK dan lingkungan bersih sehat, Desa Sirumbia Kecamatan Simpang Empat sebagai desa pelaksana pola asuh anak dan remaja dan KB Kesehatan, Desa Ujung Sampun Kecamatan Dolatrayat sebagai desa pelaksana pola hidup bersih dan sehat.

Selanjutnya, Desa Barung Kersap Kecamatan Munte sebagai desa pelaksana tertib administrasi PKK dan Posyandu, Desa Melas Kecamatan Dolatrayat sebagai desa pelaksana program terpadu peningkatan peranan wanita menuju sehat dan sejahtera dan Kecamatan Berastagi sebagai kecamatan pelaksana Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test.

Disampaikan, keluarga merupakan kekuatan terbesar dalam mencerdaskan anak bangsa. Oleh sebab itu, kata dia, PKK merupakan mitra pemerintah yang memiliki peran penting dalam membantu menyelesaikan persoalan karena kegiatan PKK bisa masuk ke segala bidang kehidupan.

“PKK bisa menjadi media pelaksana program kegiatan SKPD seperti bidang kesejahteraan sosial antara lain, bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, pangan, pelestarian lingkungan dan lainnya. Hal ini sesuai dengan misi utama PKK bersama pemerintah menyukseskan program program pembangunan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat,” jelas Sariaty.

Sementara, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH mengatakan, keberadaan PKK dalam pembangunan daerah memiliki makna dan peran yang sangat penting. Menurutnya, PKK sebagai mitra pemerintah daerah telah mampu melaksanakan peran yang dimiliki dengan sebaik mungkin.

“PKK telah memotivasi dan menggerakkan keluarga dalam memberdayakan potensi-potensi yang dimiliki untuk menunjang peningkatan kesejahteraan keluarga,” ungkap Terkelin.

Lebih lanjut disampaikan, Pemkab Karo telah menugaskan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, untuk menjalankan peran sebagai anggota pembina TP PKK sekaligus mengalokasikan anggaran TP PKK di masing-masing OPD.

Dengan demikian, diharapkan agar program kerja TP PKK dapat sejalan dengan program dan kegiatan pembangunan yang dijalankan pemerintah daerah.

“Diharapkan agar semua anggota PKK dari tingkat desa hingga kabupaten agar terus menjaga semangat untuk melaksanakan 10 program pokok PKK. Prestasi yang telah diraih PKK selama ini harus dipertahankan sehingga tahun 2018 ini keinginan meraih prestasi bisa terwujud,” tutupnya.

  • REL

 

Ke Atas