NASIONAL

Ny. Sariaty Terkelin Brahmana : Anak Usia Dini Harus Ada Minat Baca Buku

Bunda PAUD Karo Ny. Sariaty Terkelin Brahmana berfoto bersama peserta Rakernas III Himpaudi. KABAR SUMUT/Ist

print
BANDUNG | KABAR SUMUT

Ny. Sariaty Terkelin Brahmana menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) di Hotel Ibis, Komplek Trans Studio Bandung, Minggu (25/2/2018).

Rakernas ini dibuka oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Himpaudi Prof Dr Ir Netti Herawati M.Si dan dihadiri sebanyak 257 orang peserta dari perwakilan pengurus wilayah dan pengurus daerah Himpaudi seluruh Indonesia.

Disela-sela acara, Ny. Sariaty Terkelin Brahmana mengatakan, acara ini berlangsung selama dua hari tanggal 25 – 27 Februari 2018. Dikatakan, selain Rakernas, dalam kegiatan ini juga digelar seminar Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (Gernas Baku).

Dipaparkan, tujuan gerakan nasional ini untuk berkolaborasi dengan pemerintah, penggiat peduli pendidikan anak usia dini, perguruan tinggi dan dunia usaha dalam rangka partisipasi keluarga dan lembaga PAUD untuk menumbuhkan budaya membaca.

“Saya selaku pengurus Bunda PAUD di Karo wajib turut mensukseskan kegiatan ini. Gerakan nasional ini dilakukan mengingat minimnya budaya baca di Karo. Banyak laporan ke saya. Hanya di usia sekolah ada minat baca buku, yang lebih trennya anak usia dini lebih suka menonton televisi dibanding baca buku,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikan, usai pelaksanaan seminar ini, pihaknya akan mengajak Dinas Pendidikan Kabupaten Karo untuk menggalakkan minat membaca. Karena, kata dia, hal ini salah satu membuka jendela dunia.

“Dengan membaca buku, dapat memperluas wawasan. Disamping itu, membacakan buku kepada anak-anak dapat mengoptimalkan kemampuan berkomunikasi dan berbahasa sejak dini,” tutup Ny. Sariaty.

  • REL

 

Ke Atas