KARO

TMMD ke 101 Tahun 2018 Wilayah Kodim 0205/TK Resmi Dibuka

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH melakukan pemukulan gong dalam pembukaan kegiatan TMMD ke 101 tahun 2018 wilayah Kodim 0205/TK di Lapangan SD Negeri 040523 Desa Sukanalu, Rabu (4/4/2018). KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – KABAR SUMUT

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH secara resmi membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 tahun 2018 wilayah Kodim 0205/TK yang diselenggarakan di Lapangan SD Negeri 040523 Desa Sukanalu, Kecamatan Barusjahe, Rabu (4/4/2018).

Pembukaan kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan upacara dan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Karo. TMMD kali ini dipusatkan di dua desa di Kecamatan Barusjahe yakni Desa Pertumbuken dan Desa Serdang.

Kegiatan ini difokuskan pada dua sasaran, yaitu sasaran fisik dan non fisik. Adapun kedua sasaran tersebut diantaranya :

1. Pembukaan jalan dengan lebar 12 meter sepanjang 3,5 Km.

2. Pembuatan gorong-gorong sebanyak 4 titik.

3. Pembuatan bronjong sepanjang 80 meter.

4. Rehab jembatan 3 meter x 12 meter sebanyak 1 unit.

Sedangkan untuk sasaran non fisik, diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH menyampaikan, melalui program TMMD secara berkesinambungan, diharapkan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh disamping sebagai upaya TNI melestarikan nilai-nilai sejarah terutama nilai kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Disampaikan, TMMD ini difokuskan pada dua sasaran yaitu sasaran fisik dan non fisik. Untuk fisik, terutama pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lainnya yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah dan akan meningkatkan roda perekonomian desa atau daerah terpencil.

“Untuk sasaran non fisik, diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahtera dan mandiri,” ungkap Terkelin.

Ia juga mengharapkan hasil dari kegiatan TMMD ini dapat bermanfaat dalam rangka percepatan pembangunan maupun peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta menjadi alat perekat dan penguat integrasi sosial masyarakat khususnya Kabupaten Karo.

“Terima kasih kepada TNI, khususnya Kodim 0205/TK dan seluruh unsur yang ikut ambil bagian pada kegiatan ini. Diharapkan, kerja sama ini dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan guna lebih mendorong upaya pembangunan Kabupaten Karo ke arah yang lebih baik lagi,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara SE, perwakilan Korem 023/KS, Kepala Kejaksaan Negeri Karo Gloria Sinuhaji, anggota DPRD Karo Mansur Ginting, Wakapolres Karo Kompol Efendi Situmorang, Wadanyon 125/Si’mbisa Mayor Inf Muhaidin,¬†pimpinan OPD, Camat, dan masyarakat.

  • FERRI
Ke Atas