KARO

Bupati Karo Hibahkan Lahan 4,5 Hektar untuk Kantor BNNK Karo

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH (baju putih) saat meninjau lahan milik Pemkab Karo di Desa Rumah Kabanjahe yang rencananya akan dihibahkan untuk pembangunan kantor baru BNNK Karo. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – KABAR SUMUT

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Kepala BNNK Karo AKBP Heppi Karo-Karo meninjau lahan milik Pemkab Karo seluas 4,5 Hektar (Ha) di Desa Rumah Kabanjahe, Kecamatan Kabanjahe, Jumat (6/4/2018). Lahan ini rencananya akan dihibahkan untuk pembangunan kantor baru BNNK Karo.

Menurut Terkelin, hibah lahan untuk rencana pembangunan kantor baru BNNK Karo, merupakan wujud keseriusan pihaknya dalam upaya mendukung Pencegahan Penyalahgunaan dan Pemberantasan Peredaraan Gelap Narkoba (P4GN) di Kabupaten Karo.

Ia menilai, kantor BNNK Karo di Jalan Pahlawan Kabanjahe yang sebelumnya diberikan pinjam pakai pihaknya, diyakini tidak berfungsi efektif. Hal ini dikarenakan luas tanah dan bangunan tidak memadai. Sementara, lahan baru yang rencananya akan dihibahkan dinilai sangat strategis.

“Kita terus berupaya meningkatkan kerja sama dengan BNNK Karo, sekaligus memberikan fasilitas guna meningkatkan kinerja dan prestasi. Diharapkan, ini menjadi torehan sejarah dan karir Kepala BNNK Karo selama mengemban tugas di daerah ini,” jelas Terkelin.

Meski demikian, kata dia, hal ini membutuhkan proses sesuai mekanisme dan aturan. Untuk itu, ia sudah menginstruksikan Kepala Bappeda Karo untuk segera menyelesaikan proses administrasi hibah tanah agar memiliki sertifikat dan luas sesuai kebutuhan.

“Pengajuan yang kita terima sebelumnya yakni 1 – 2 Ha. Semua ini harus melalui kajian teknis, bisa terpenuhi bisa juga tidak. Nanti kita serahkan kepada tim. Sementara, setelah lahan dihibahkan, BNNK sebagai instansi vertikal, akan mengatur teknisnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut diungkapkan, pihaknya hanya menghibahkan lahan untuk calon bangunan, bukan kewajiban membangun kantor. Meski demikian, pihaknya dapat memfasilitasi ke pimpinan BNNK, baik di provinsi maupun pusat.

“Sepanjang apa yang dapat difasilitasi Pemkab Karo, maka kita akan membantu, misalnya kantor BNNK Karo yang berdiri di Jalan Pahlawan kita berikan pinjam pakai, kendaraan mobil dinas jenis Nissan Livina dan pembangunan sel tahanan. Bahkan pegawai kita alihtugaskan dari PNS Pemkab Karo menjadi PNS BNNK Karo sekitar 9 orang,” paparnya.

Sementara, Kepala BNNK Karo AKBP Heppi Karo-Karo mengatakan, dukungan ini dapat menjadi motivasi luar biasa dalam mewujudkan Tanah Karo bersih dari narkoba. “Hibah lahan seluas 4,5 Ha ini semakin memicu semangat kami dalam pemberantasan narkoba,” pungkasnya.

Turut hadir diantaranya, Kepala Bappeda Karo Ir. Nasib Sianturi M.Si, Kepala Dinas PUPR Karo Ir. Paten Poerba, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Karo Chandra Tarigan ST, Kabid Pertanahan dan Pemakaman Radius Tarigan, Camat Kabanjahe Frans Leonardo Surbakti dan Kepala Desa Rumka Apul Brahmana.

  • FERRI
Ke Atas