KARO

Teken MoU, PLN Area Binjai Salurkan Bantuan Token Gratis dan Bibit di Karo

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang bersama jajaran PT. PLN membunyikan sirene pada peresmian Desa Berinternet. KABAR SUMUT/Ist
print

TANAH KARO – KABAR SUMUT

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo bersama dengan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Sumatera Utara Area Binjai menandatangani kesepakatan bersama (MoU) tentang Migrasi Layanan Listrik Pascabayar menjadi Listrik Prabayar di aula Kantor Bupati Karo, Senin (9/4/2018).

Hadir dari pihak PT. PLN diantaranya, Direktur HCM PT. PLN Muhammad Ali, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM RI Hendra Iswayudi, Direktur Regional Sumatera Wiluyo Kus Dwiharto, General Manager (GM) PLN Wilayah Sumut F Joko Priharto.

Selanjutnya, GM PLN Unit Induk Pembangunan Sumbagut Oktavianus P, GM PLN Pembangkitan Sumbagut Bambang Iswanto, GM PLN Unit Induk Pembangunan Pembangkitan Sumatera Weddy B Sudirman dan GM PLN Pusat Penyaluran dan Pengatur Beban Sistem Sumatera Nur Wahyu Dinianto.

Kesepakatan bersama ini bertujuan untuk mendukung migrasi pelayanan listrik pascabayar menjadi pelayanan listrik prabayar di Kabupaten Karo serta guna mewujudkan Tanah Karo yang bebas tunggakan listrik sehingga dapat meningkatkan PAD Kabupaten Karo.

Selain penandatanganan MoU, PT. PLN juga memberikan bantuan secara simbolis berupa token listrik gratis selama 1 tahun kepada warga korban erupsi Gunung Sinabung di tiga lokasi hunian sementara (huntara) senilai Rp. 279.902.938 dan bantuan rehabilitasi lahan pertanian kepada warga Desa Tiganderket senilai Rp. 220.252.000.

Direktur HCM PT. PLN Muhammad Ali mengatakan, pemberian token gratis ini, diharapkan dapat mendukung kegiatan ekonomi dan membantu masyarakat yang menetap di lokasi huntara.

Disamping itu, kata dia, pihaknya juga memberikan bantuan bibit tanaman untuk rehabilitasi lahan pertanian di Desa Tiganderket yang merupakan desa terdekat dengan lokasi bencana serta terkena dampak erupsi Gunung Sinabung.

Disampaikan, PLN Area Binjai bersama Pemkab Karo juga akan melakukan penandatangan MoU Migrasi Layanan Listrik Pascabayar menjadi Listrik Prabayar. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan Karo bebas tunggakan listrik serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM RI Hendra Iswayudi sangat mengapresiasi Pemkab Karo yang telah bersinergi dengan PT. PLN. Atas sinergi ini, ia berharap Tanah Karo semakin maju, masyarakat dan perekonomiannya semakin produktif.

Sementara, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH mengatakan, pemberian bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PT. PLN dan eksistensi perusahaan yang tidak bisa dipisahkan dengan masyarakat sebagai lingkungan eksternalnya.

“Ada timbal balik antara PLN dangan masyarakat. Kiranya langkah ini dapat mendorong dan memotivasi perusahaan lain untuk memberikan kewajiban CSR nya kepada masyarakat. Masyarakat juga diminta dapat memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya,” harap Terkelin.

Disisi lain, ia juga mengharapkan bantuan ini tidak hanya diberikan kepada warga yang menetap di lokasi huntara saja. Akan tetapi, juga dapat diberikan kepada daerah lain yang terdampak erupsi Gunung Sinabung.

Berdasarkan amatan KABAR SUMUT, bersamaan dengan kegiatan tersebut, turut dilaksanakan peresmian Desa Berinternet yang berada di tiga titik lokasi yakni dua titik di Kabupaten Toba Samosir dan satu titik di Kabupaten Samosir. Peresmian ditandai dengan pembunyian sirene.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang, Sekdakab Karo Drs. Kamperas Terkelin Purba M.Si, unsur Forkopimda Karo, pimpinan OPD, jajaran PLN dan masyarakat.

  • FERRI
Ke Atas