KARO

Bupati Karo : Pemkab Butuh Kritik dan Masukan Bersifat Membangun

Pengurus IPJI Kabupaten Karo saat menyampaikan program kerja kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana SH. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – KABAR SUMUT

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH menerima audensi dan silaturahmi pengurus Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Kabupaten Karo di ruang kerjanya, Selasa (10/4/2018).

Disamping itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk menginformasikan pergantian pimpinan sementara pasca meninggalnya Ketua IPJI Karo Drs. Ganepo Sinukaban. Untuk sementara waktu, Plt. Ketua IPJI Karo dijabat oleh Jimbo Purba yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Bidang Organisasi.

Menurut Jimbo, hubungan intens antara IPJI dan Pemkab Karo sudah terjalin selama ini. Untuk itu, ia kembali menyampaikan beberapa poin diantaranya, siap bersinergi dengan Pemkab Karo, siap mengawal dan mengawasi pembangunan Karo agar tidak terjadi penyimpangan dan siap mengkritik kebijakan-kebijakan yang menyimpang.

Sementara, Sekretaris IPJI Karo David Haris menyampaikan, sesuai tugas dan fungsinya sebagai bagian dari sosial kontrol pemerintah, wartawan wajib menyuarakan informasi yang real sesuai fakta, bukan hoax. “Para pemangku kepentingan tentu sangat dirugikan atas informasi hoax,” tutur David.

Untuk itu, ia menyatakan jika seluruh pengurus IPJI Karo siap untuk mendeklarasikan anti hoax. Terlebih, kata dia, Sumatera Utara akan melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang. “Mari kita jaga netralitas kita sebagai kontrol sosial,” pungkasnya.

Menyahuti hal itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH menyatakan dukungan atas program dan wacana yang disampaikan oleh pengurus IPJI Karo, baik terkait penolakan terhadap informasi hoax, melakukan sosial kontrol pemerintah dan sebagai media informasi bagi masyarakat sesuai data dan fakta.

Oleh karena itu, ia menyampaikan jika pihaknya sangat membutuhkan kritikan dan masukan yang bersifat membangun berdasarkan data dan fakta. Ia juga mengharapkan dukungan dari rekan-rekan jurnalis dan stakeholder serta seluruh lapisan elemen masyarakat lainnya.

“Mustahil jika saya sendiri yang bekerja tanpa ada dukungan yang lain, tidak mungkin saya sanggup. Untuk itu, mari sama-sama bekerja. Bila ada silaturahmi maka ada persatuan, jika ada persatuan pasti ada kekuatan, jika ada kekuatan pasti akan berhasil,” tutup Terkelin.

Hadir dalam kesempatan ini diantaranya,  Bendahara IPJI Karo Istepanus, Wakil Ketua bidang Litbang dan Diklat Surya Rambe (TVRI), Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Feransyah S (Media Nasional) dan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Karo Drs. Djoko Sujarwanto.

  • FERRI
Ke Atas