KARO

Bupati Karo Buka Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat SMP dan SMA

Salah seorang peserta sedang menunjukkan kemampuan lomba pidato bahasa Inggris. KABAR SUMUT/Ist
print

TANAH KARO – KABAR SUMUT

Bupati Karo Terkelin Berahmana SH melalui Asisten Administrasi Setdakab Karo Mulianta Tarigan S.Sos membuka lomba pidato bahasa Inggris tingkat SMP dan SMA se Kabupaten Karo di halaman Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Komplek Gedung Nasional, Jalan Pahlawan Kabanjahe, Rabu (25/4/2018).

Dalam sambutannya, Bupati Karo menyampaikan, English speech contest is something I love. Especially when I children (kontes pidato bahasa Inggris adalah sesuatu yang saya cintai. Terutama ketika saya anak-anak).

Menurutnya, ada beberapa keuntungan dan kelebihan yang bisa didapat apabila menguasai bahasa Inggris. Contohnya, kata dia, mempermudah proses penerimaan masuk universitas di negara asing atau menyangkut urusan test agar bisa mendapatkan beasiswa keluar negeri.

“Satu hal yang pasti, bahasa Inggris diperlukan guna mendukung pergaulan global. Kepada seluruh peserta lomba pidato bahasa Inggris, pertahankan kemampuan tersebut dan tingkatkan. Belajar bahasa Inggris atau keahlian lainnya lebih bagus dilakukan sejak usia dini. Selain itu, untuk bisa berbahasa Inggris harus selalu dipraktekkan,” tuturnya.

Lebih jauh disampaikan, minat baca masyarakat Indonesia dapat dikatakan masih rendah bila dibandingkan negara lain. Berdasarkan data Perpustakaan Nasional RI 2017, frekuensi membaca orang Indonesia rata-rata hanya 3 – 4 kali per minggu. Sementara, jumlah buku yang dibaca rata-rata hanya 5 – 9 buku per tahun.

Dari data tersebut, kata dia, wajar bila Indeks Pendidikan Manusia (IPM) masih tergolong rendah yaitu 14,6%. Persentase ini jauh lebih rendah daripada Malaysia yang mencapai angka 28% dan Singapura yang mencapai angka 33%.

“Untuk itu, sudah saatnya kita berbenah diri, bekerja cerdas dengan lebih sungguh-sungguh, mengambil sikap lebih peduli pada kemajuan dunia literasi nasional. Karena peningkatan kapasitas sumber daya manusia erat kaitannya dengan kemampuan literasi,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karo, Saroha Ginting SPd MPd menyampaikan, tujuan diselenggarakannya lomba pidato bahasa Inggris ini adalah untuk meningkatkan kualitas diri siswa khususnya kemampuan berpidato dalam bahasa Inggris.

Menurutnya, lomba ini juga bertujuan untuk mengasah keberanian siswa untuk mengutarakan ide pikirannya dengan bebas namun tetap terarah dan bertanggung jawab.

“Siswa diharapkan dapat memberikan penampilan yang terbaik. Untuk itu, siswa harus memperkaya literasi mereka dengan membaca. Semakin banyak buku yang dibaca, semakin kaya ilmu dan pemahaman maka semakin mumpuni keterampilan berpidato,” tutup Saroha.

  • FERRI
Ke Atas