KARO

Pemkab Karo Peringati Hari Otonomi Daerah ke XXII

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXII di halaman Kantor Bupati Karo. KABAR SUMUT/Ist
print

TANAH KARO – KABAR SUMUT

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXII di halaman Kantor Bupati Karo, Rabu (25/4/2018). Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan tersebut.

Peringatan Hari Otonomi Daerah yang mengusung tema “Mewujudkan Nawa Cita Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Bersih dan Demokratis”, momentum untuk mengevaluasi perkembangan kinerja pelaksanaan otda pada masing-masing daerah otonom dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Bupati Karo yang membacakan amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, penyelenggaraan otda yang diarahkan untuk membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya, menjadi syarat utama terwujudnya tujuan otda.

Tujuan tersebut yakni peningkatan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan daya saing, kreativitas serta inovasi yang yang mengandalkan kekhasan daerah.

“Untuk memastikan penyelenggaraan otda yang bersih dan demokratis, pemerintah telah, sedang, dan terus melakukan berbagai terobosan. Salah satunya menerbitkan PP No. 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah,” jelasnya.

Sementara, berkaitan dengan inovasi yang menjadi katalisator peningkatan daya saing dan kemajuan perekenomian daerah, pemerintah juga telah menerbitkan PP No. 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah yang mengatur batasan tegas, rinci, dan jelas mengenai prinsip, kriteria, dan mekanisme inovasi daerah sebagai suatu kebijakan daerah.

“Hal ini penting, untuk menghindari adanya penyalahgunaan wewenang. Untuk itu, dalam hal ini dinilai perlu adanya peran aktif masyarakat dalam memberikan kontrol sosial serta turut mendorong terciptanya pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Kapolres Karo AKBP Benny Remus Hutajulu SIK serta perwakilan unsur Forkopimda Karo dari Kodim 0205/TK, Kejaksaan Negeri Karo dan Yonif 125/Si’mbisa.

  • FERRI
Ke Atas