KARO

Pemkab Karo Fasilitasi Penyaluran Alsintan ke Kelompok Tani

Kepala Seksi Pupuk, Pestisida dan Alsintan, Dinas Pertanian Kabupaten Karo, Rosta Perangin-angin berfoto bersama poktan penerima alsintan. KABAR SUMUT/Ist
print

TANAH KARO – KABAR SUMUT

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo memfasilitasi penyaluran alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani (poktan) di Kabanjahe, Jumat (27/4/2018). Penyaluran bantuan alsintan ini berupa traktor roda empat, roda dua (hand tractor) pompa air dan yang lainnya.

Bupati Terkelin Brahmana SH didampingi Kepala Seksi Pupuk, Pestisida dan Alsintan Dinas Pertanian Kabupaten Karo, Rosta Perangin-angin mengatakan, bantuan alsintan dari Kementerian Pertanian RI ini untuk mendorong produktivitas petani menjadi lebih baik.

Menurutnya, penggunaan alsintan sangat diperlukan saat sekarang ini, apalagi untuk mempercepat swasembada pangan. Upaya peningkatan ketahanan dan swasembada pangan sebagai prioritas nasional, harus mendapatkan dukungan yang kuat dari berbagai aspek.

“Penerapan alsintan dalam kegiatan usaha tani dapat memberikan mutu hasil yang lebih baik dan dilakukan dengan lebih efisien, efektif dan modern. Program ini sangat bagus, karena membantu poktan yang benar-benar mampu mengelola,” jelas Terkelin.

Disampaikan, traktor roda empat ini diberikan secara gratis kepada Kelompok Tani Kecamatan Lau Baleng dan Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo, Sarjana Purba melalui Kepala Seksi Pupuk, Pestisida dan Alsintan, Dinas Pertanian Kabupaten Karo, Rosta Perangin-angin mengatakan, traktor ini sudah melalui tahap seleksi dan sesuai permohonan poktan yang diajukan sesuai persyaratan dilengkapi Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Ir. Sri Idah Bangun M.Si.

Menurutnya, penerima traktor tersebut melalui Unit Penerima Jasa Alsintan (UPJA) melalui poktan. Sesuai data dan petunjuk Kabid Sarana dan Prasarana, yang berhak menerima bantuan tersebut yakni poktan UPJA Desa Mbal-Mbal Nodi, UPJA Maju Bersama Rambah Tampu. Keduanya poktan Kecamatan Laubaleng dan satu lagi diterima UPJA/ poktan Juma Buluh Desa Ajinembah Kecamatan Merek.

Ketua UPJA Mbal-Mbal Nodi, Preden Sembiring, Ketua UPJA Maju bersama Rahim Tarigan dan Ketua UPJA Juma Buluh Biston Tarigan, merasa senang atas adanya bantuan tersebut. “Semua sumber pembiayaan alsintan sudah diatur dalam Buku Pedoman Umum Bantuan Alsintan, tidak ada dipungut biaya apapun,” ujarnya.

  • FERRI
Ke Atas