KARO

TP PKK Sumut Gelar Supervisi di Karo

Ketua TP PKK Karo Ny. Sariati Terkelin Brahmana saat menyampaikan laporan pada pelaksanaan supervisi Desa Percontohan Binaan TP PKK Kabupaten Karo 2018. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – KABAR SUMUT

Tim Supervisi TP PKK Provinsi Sumatera Utara melaksanakan supervisi Desa Percontohan Binaan TP PKK Kabupaten Karo 2018 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo, Jalan Veteran Kabanjahe, Rabu (2/5/2018). Acara dihadiri oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH.

Hadir dari Tim Supervisi TP PKK Sumut, Ketua Pokja 1 Ny. Bidasari Daulay, anggota Pojka 2 Ny. Farida Washington Tambunan, anggota Pokja 3 Ny. Azizah Lubis, dari Dinas PMD Sumut Jonni Siagian SH, dari Dinas Kesehatan Sumut Rusdim Pinem SKM, dr Sukmati, Sekretaris Dinas PPPA Sumut Suryani SE.

Ketua TP PKK Karo Ny. Sariati Terkelin Brahmana dalam laporannya mengatakan, pada 2018 ini, TP PKK Karo membuat program kerja dijadikan prioritas yang tumbuh dan berkembang dari bawah yaitu kecamatan atau desa percontohan untuk diperlombakan ke tingkat provinsi yaitu Desa Sempajaya, Kecamatan Berastagi sebagai desa pelaksanaan UP2K.

Selain itu, Desa Kuala Kecamatan Tigabinanga sebagai desa pelaksana hatinya PKK dan lingkungan bersih sehat, Desa Sirumbia Kecamatan Simpang Empat sebagai desa pelaksana pola asuh anak dan remaja dan KB kesehatan, Desa Ujung Sampun Kecamatan Dolat Rayat sebagai desa pelaksana pola hidup bersih dan sehat.

Selanjutnya, Desa Barung Kersap Kecamatan Munte sebagai desa pelaksana tertib administrasi PKK dan Posyandu, Desa Melas Kecamatan Dolat Rayat sebagai desa pelaksana program terpadu peningkatan peranan wanita menuju sehat dan sejahtera, serta Kecamatan Berastagi sebagai Kecamatan pelaksana IVA Test.

“Pembinaan telah dilakukan di setiap tingkatan baik dari kabupaten, kecamatan dan desa yang berjalan dengan rumusan pembinaan serta mengaju pada indikator-indikator yang telah ditetapkan serta melibatkan OPD terkait yang akan dilaporkan dalam bentuk paparan,” jelasnya.

Sementara, Bupati Karo mengatakan kepada para kader PKK baik tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa harus berupaya melakukan pembinaan secara simultan dan bersinergi dengan para OPD untuk membimbing dan mengalokasikan kegiatan dan program.

Disamping itu, kata dia, memberikan perhatian, pembinaan dan prioritas terhadap desa percontohan tahun 2018 agar desa yang masuk kategori percontohan dapat lebih maju dalam berbagai bidang yang pada akhirnya dapat mewujudkan apa yang selalu diinginkan masyarakat Karo.

Ia mengharapkan, kiranya tim supervisi TP PKK Sumut dapat memberikan arahan guna mewujudkan apa yang menjadi keinginan bersama dan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Karo.

  • FERRI
Ke Atas