KARO

15 Desa di Karo Dapat Program Pamsimas III

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH menyampaikan sambutan dalam pembukaan acara sosialisasi Pamsimas III. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – KABAR SUMUT

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH secara resmi membuka acara sosialisasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III Tingkat Kabupaten Karo di ruang gedung Halilintar SPBU Jalan Jamin Ginting, Desa Raya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Senin (28/5/2018).

Terkelin mengatakan, program ini bertujuan meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan di kawasan pedesaan. Oleh sebab itu, program Nasional ini harus didukung bersama oleh segenap masyarakat. Karena, program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat tidak dapat dipisahkan sebagai sumber kehidupan.

Ia mengharapkan agar sosialiasi program pemerintah pusat ini diikuti sebaik-baiknya oleh peserta dan segera menindaklanjuti dengan menyediakan kelengkapan berkas sesuai dengan permintaan. Ia juga berharap kepada pimpinan SKPD, Camat dan kepala desa untuk mendukung program-program pemerintah tersebut.

Sementara, Kepala Bappeda Karo Ir. Nasib Sianturi M.Si mengatakan, untuk dapat memperoleh kegiatan tersebut, seluruh persyaratan sudah disiapkan, baik formulir, surat pernyataan minat dan yang lainnya.

“Kepala desa harus mengajukan proposal desa yang ditujukan ke Ketua Panitia Kemitraan Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) Kabupaten Karo. Tahun 2018, ada 15 desa yang mendapat program Pamsimas III dengan uraian, 12 desa didanai APBN dan 3 desa lainnya didanai APBD Karo,” jelas Nasib.

Dijelaskan, besaran anggaran setiap desa tergantung Rencana Anggaran Biaya (RAB). Akan tetapi, anggaran umum dari program ini mencapai sekitar Rp 350 juta hingga Rp 400 juta. “Perincian persentasenya yakni APBN 70%, APBDes 10%, masyarakat 20%. Sedangkan uang tunai 4% dan dalam bentuk tenaga atau bahan 16%,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara sosialisasi tersebut diantaranya, para Kepala OPD Kabupaten Karo, para Camat se Kabupaten Karo, para Kepala Desa se Kabupaten Karo dan tim Pamsimas III dari pusat.

  • FERRI
Ke Atas