KARO

Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke XV Diperingati di Karo

Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang menyampaikan sambutan sebelum melakukan pemukulan gong pada peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke XV tingkat Kabupaten Karo di Desa Sempajaya. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – KABAR SUMUT

Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke XV tingkat Kabupaten Karo tahun 2018 dilaksanakan di Desa Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Kamis (31/5/2018). Peringatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang yang ditandai dengan pemukulan gong.

Peringatan ini mengutip tema, “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke XV dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 46, Kita Gelorakan Kerja Gotong Royong Menuju Kemandirian dan Kesehjateraan Masyarakat”.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Karo mengatakan, istilah gotong royong merupakan chiri khas budaya bangsa Indonesia sejak dahulu. Namun, seiring perjalanan waktu dan masuknya pengaruh budaya luar yang sangat individual saat ini, rasa kebersamaan dan gotong royong semakin memudar.

Disamping itu, kepekaan sosial mulai berkurang, tegur sapa dan bercengkrama serta kesadaran saling membantu sudah mulai luntur. “Untuk itu, marilah kita galakkan lagi budaya gotong royong masyarakat. Hal ini sangatlah tepat untuk diterapkan dalam pembangunan Karo yang kita cintai ini,” tutur Cory.

Melalui bulan bhakti gotong royong masyarakat ini, ia mengajak masyarakat untuk meningkatkan partisipasi keluarga dan semangat gotong royong dalam mewujudkan masyarakat yang berintegrasi dan mandiri.

Ia juga mengharapkan agar kiranya peringatan ini dapat memberikan makna yang mendalam untuk berkiprah dan berkarya secara nyata dalam menyumbangkan dharma bhakti kita bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

“Disamping itu, memperkokoh nilai budaya bangsa yang perlu dilestarikan untuk memperoleh hasil guna yang optimal bagi pertumbuhan kesejahteraan kehidupan bermasyarakat serta meningkatkan peran aktif masyarakat melalui semangat kebersamaan membangkitkan semangat gotong royong,” tutupnya.

Berdasarkan amatan KABAR SUMUT, dalam acara ini juga dilaksanakan penyerahan alat-alat gotong royong seperti kereta sorong, cangkul dan sapu lidi kepada desa perwakilan tiap kecamatan secara simbolis.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, mewakili unsur Forkopimda Karo, anggota DPRD Karo, pimpinan OPD, kepala bagian dan Camat, TP PKK, para kepala desa serta masyarakat.

  • FERRI
Ke Atas