KARO

Menteri Pertanian RI akan Bantu Korban Erupsi Gunung Sinabung

Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman berfoto bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Wagubsu Dr. Hj. Nurhajizah Marpaung, Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba SH MM dan lainnya usai menggelar pertemuan. KABAR SUMUT/Ist

print
JAKARTA – KABAR SUMUT

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Wagubsu Dr. Hj. Nurhajizah Marpaung dan Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba SH MM bertemu dengan Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman diruang lobi Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian RI di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (5/6/2018).

Turut hadir mendampingi Bupati Karo yakni Kepala Bappeda Karo Ir. Nasib Sianturi M.Si dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo Sarjana Purba SSTP MM.

Dalam pertemuan singkat ini, Bupati Karo menyampaikan persoalan masyarakat terdampak erupsi Gunung Sinabung. Menurutnya, persoalan ini tidak dapat diatasi oleh Pemkab Karo maupun Pemprovsu khususnya bidang pertanian.

“Atas dasar persoalan tersebut, kami datang kemari untuk menyampaikan permohonan bantuan ke Kementerian Pertanian. Kebutuhan masyarakat terdampak erupsi Gunung Sinabung akan pertanian sangat penting. Terlebih, mayoritas masyarakat Karo bermata pencaharian bertani,” jelas Terkelin.

Terkait persoalan itu, Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman merespon baik permohonan yang disampaikan oleh Bupati Karo terkait kebutuhan pertanian.

“Silahkan ajukan proposal dan akan kita bantu. Jika anggaran untuk kebutuhan pertanian ini tidak ada, akan kita ambil jatah ke pusat. Untuk bibit tanaman dan traktor akan kita bantu, yang penting sudah ada kajian dilapangan nantinya,” jelas Amran.

Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba SH MM mengatakan, usai mendengar paparan Menteri Pertanian RI, pihaknya akan mendorong dan melakukan pengawasan sesuai pesan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO).

Untuk itu, Senator asal Sumatera Utara ini meminta Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo Sarjana Purba untuk menggelar rapat dengan mengundang Balitbang Kementerian Pertanian RI, Gubsu dan DPD RI, pada awal bulan Juli 2018 mendatang.

“Rapat ini digelar sekaitan dengan petunjuk Menteri Pertanian, agar bantuan tanaman bibit bagi warga terdampak erupsi Gunung Sinabung, tepat sasaran dan tepat guna. Untuk itu, harus ada kajian Balitbang, tanaman apa yang cocok sesuai kondisi tanahnya dan kondisi abu jika terjadi erupsi,” tutupnya.

  • FERRI
Ke Atas