PRO-DESA

Pengurus Pergatsi Kabupaten Karo Periode 2018 – 2022 Dilantik

Ketua Umum Pergatsi Provinsi Sumut Paul Ames Halomoan didampingi Ketua Pergatsi Kabupaten Karo Ir. Nasib Sianturi M.Si berfoto bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dan yang lainnya usai pelaksanaan pelantikan. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – KABAR SUMUT

Pengurus Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kabupaten Karo periode 2018-2022 secara resmi dilantik oleh Ketua Umum Pergatsi Provinsi Sumatera Utara, Paul Ames Halomoan di Lapangan Mako Yonif 125/Si’mbisa Kabanjahe, Jumat (8/6/2018).

Pelantikan pengurus Pergatsi ini ditandai dengan penyerahan pataka oleh Ketua Pergatsi Sumut kepada Ketua Pergatsi Kabupaten Karo Ir. Nasib Sianturi M.Si. Pelantikan ini sesuai nomor SK : 34/SU/ Pergatsi/VI/2018 tanggal 8 Juni 2018.

Ketua Umum Pergatsi Sumut, Paul Ames Halomoan dalam sambutannya mengatakan, Gateball merupakan olahraga baru yang masih perlu diperkenalkan kepada masyarakat luas. Gateball merupakan olahraga hiburan dengan kompetisi dan dapat dimainkan oleh anak-anak dan orang dewasa.

“Olahraga ini merupakan permainan cepat tanpa adanya kontak fisik antar pemain. Namun memerlukan kemampuan akurasi, perencanaan dan penerapan strategi. Apalagi, adanya batas waktu pemukulan selama 10 detik, sehingga melatih pemain untuk berpikir dengan cepat dan tepat,” jelas Paul.

Oleh karena itu, kata dia, agar olahraga ini cepat dikenal masyarakat luas, pengurus wajib melaksanakan amanah jabatan sesuai surat keputusan. “Sejak dikukuhkan hari ini, sekurang-kurangnya satu tahun, pengurus wajib membentuk 11 club. Kedua, sekurang-kurangnya 3 bulan sejak dikukuhkan, pengurus wajib menggelar musyawarah kota,” jelas Paul.

Disampaikan, dengan terbentuknya kepengurusan ini, ia mengharapkan agar olahraga ini dapat berkembang dengan baik di Karo. Ia juga meminta para pengurus agar segera menyusun pengurusan dan melakukan konsolidasi antar pengurus yang telah dilantik dan dikukuhkan.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH selaku Penasehat Pergatsi Karo dalam sambutannya menjelaskan cara bermain Gateball. Menurutnya, permainan gateball mirip dengan olahraga golf.

“Bedanya, bukan lubang yang jadi target, melainkan gawang. Gateball dimainkan di sebidang lapangan persegi panjang berukuran 15 x 20 meter. Waktu permainan berlangsung selama 30 menit,” jelas Terkelin.

Sementara, Ketua Pergatsi Karo Ir. Nasib Sianturi M.Si menambahkan, Gateball adalah permainan yang tidak membedakan jenis kelamin dan umur, satu keluarga dapat membentuk tim. Tua muda dapat bermain karena tidak menimbulkan kontak fisik, sehingga aman diikuti oleh setiap orang.

Menurutnya, kepengurusan Pergatsi Kabupaten Karo sebenarnya sudah terbentuk sejak bulan Februari 2018 lalu. Di dalam susunan pengurus, Danyonif 125/Si’mbisa Letkol Inf Viktor Andhika Tjokro selaku pembina, Ketua Ir. Nasib Sianturi M.Si, Bendahara Hendra Mitcon Purba dan Sekretaris Antonius Hendrika.

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Ketua KONI Karo Drs. Kelion Depari, Kepala Dinas Pendidikan Eddy Surianta Surbakti, Kepala Dinas Kesehatan drg. Irna Safrina br Sembiring Meliala, Kepala Dinas PUPR Ir. Paten Poerba, pengurus KONI Bidang Prestasi MNW Tuty Rahayu Sinuhaji dan yang lainnya.

  • FERRI
Ke Atas