KARO

Warga Desa Berastepu Gelar Aksi Damai ke Kantor Bupati Karo

Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang didampingi Sekdakab Karo Drs. Kamperas Terkelin Purba M.Si dan Kalak BPBD Karo Ir. Martin Sitepu saat menerima aksi damai warga Desa Berastepu di ruang rapat Bupati Karo. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – KABAR SUMUT

Ratusan warga Desa Berastepu, Kecamatan Simpang Empat menggelar aksi damai ke Kantor Bupati Karo, Kamis (5/7/2018). Kehadiran warga guna menyampaikan tuntutan kepada Pemkab Karo karena dalam beberapa bulan terakhir, mereka sudah tidak mendapatkan sewa rumah.

Berdasarkan amatan KABAR SUMUT, aksi damai warga Desa Berastepu diterima oleh Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang di ruang rapat Bupati Karo.

Kepala Desa Berastepu, Gemuk Sitepu menyampaikan beberapa tuntutan warga diantaranya, menuntut pemerintah agar memberikan sewa rumah yang sudah lama tidak dibayarkan; membuat fasilitas umum seperti air bersih, listrik, septic tank dan yang lainnya serta Jaminan Hidup (Jadup).

Menanggapi itu, Cory menyatakan pihaknya akan terus berusaha untuk menuntaskan permasalahan erupsi Gunung Sinabung. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo tidak diam dalam menghadapi persoalan yang sedang mendera ini.

“Bapak Bupati Karo saat ini sedang berada di Jakarta untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat Karo yang terdampak erupsi Gunung Sinabung. Oleh karena itu, saya berharap masyarakat Desa Berastepu dapat bekerjasama dengan Pemkab Karo, karena semua yang dilaksanakan ada aturanya,” jelas Cory.

Sekertaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Karo Drs. Kamperas Terkelin Purba M.Si dalam aksi ini memerintahkan kepada Dinas Sosial agar segera membentuk tim untuk mempercepat proses pencairan dana Jadup yang saat ini sudah bisa disalurkan kepada masyarakat.

Sementara, Kalak BPBD Karo Ir. Martin Sitepu menambahkan, pihaknya sudah beberapa kali menyampaikan permohonan kepada pemerintah pusat melalui surat Bupati Karo terkait pembayaran sewa rumah kepada masyarakat di kawasan relokasi mandiri. Akan tetapi, sampai saat ini belum mendapatkan jawaban dari pemerintah pusat.

Turut hadir dalam kesempatan ini diantaranya, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Karo Drs. Suang Karo-Karo, para Kepala Dinas, Camat, Kapolsek dan Danramil Simpang Empat.

  • FERRI
Ke Atas