KARO

Bupati Karo Buka Seminar Menuju Desa Mandiri

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang berfoto bersama pihak FES, Kemenko PMK dan Seknas FITRA usai pelaksanaan seminar. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – KABAR SUMUT

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo bekerjasama dengan Yayasan Friedrich Ebert Stiftung (FES) perwakilan Indonesia, Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Seknas FITRA menyelenggarakan acara seminar di Hotel Sinabung Berastagi, Selasa (7/8/2018).

Acara seminar bertajuk “Menuju Desa Mandiri, Sejahtera dan Berkeadilan, Inovatif serta Berkelanjutan” ini secara resmi dibuka oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dan diikuti oleh seluruh kepala desa dan perangkat desa di Karo.

Kegiatan ini bertujuan memberikan wawasan tata kelola pengelolaan anggaran yang transparan dan akuntabel kepada para kepala desa dan aparatnya, meningkatkan pemahaman kepala desa dan aparat desa akan peran dan tanggung jawabnya.

Disamping itu, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih terlibat dan bertanggungjawab terhadap program-program pembangunan di pedesaan, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada desa tentang pentingnya peningkatan kapasitas pemimpin dalam mendorong inovasi dan pembangunan.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih kepada Kemenko PMK, FES perwakilan Indonesia dan Seknas FITRA yang telah bekerjasama dengan Pemkab Karo dalam menggelar seminar ini.

Menurutnya, langkah awal untuk melaksanakan perspektif desa membangun adalah Human Development Orientation atau pengembangan yang diorintasikan pada manusianya yang menitikberatkan pada unsur komitmen, pengetahuan dan kemampuan.

Melalui seminar ini, kata dia, diharapkan adanya pengembangan ketiga unsur tersebut bagi kita semua khususnya kepala desa, BPD dan aparatur desa. Seperti peran dan tanggungjawab pemerintahan desa, perencanaan pembangunan desa, tata kelola pengelolaan anggaran desa.

“Pentingnya inovasi dalam pembangunan desa maupun peningkatan kesadaran masyarakat untuk lebih terlibat dalam program program pembangunan desa, sehingga nantinya bisa tercipta desa di Karo yang mandiri, sejahtera dan berkeadilan, inovatif serta berkelanjutan,” pungkas Terkelin.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Wakil Bupati Karo Cory Sriwati br Sebayang, Kabiro Perencanaan dan Kerjasama Kemenko PMK Yatti Yohan, anggota DPR RI Budiman Sudjatmiko, Ketua DPRD Karo Nora Else br Surbakti, anggota DPRD Karo Mansur Ginting, Dosen UGM DR. Arie Soejito, Dormiana Tustina Manurung dari FES perwakilan Indonesia, Rurita Ningrum dari Seknas FITRA, Asisten, pimpinan OPD dan Camat.

  • FERRI
Ke Atas