KARO

Pembangunan Relokasi Mandiri Korban Erupsi Sinabung Berlanjut

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH saat melaksanakan peletakan batu pertama Relokasi Mandiri di Kecamatan Simpang Empat. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – KABAR SUMUT

Ditandai dengan peletakan batu pertama, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH mengawali pembangunan Relokasi Mandiri rumah masyarakat yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Kamis (13/9/2018).

Bupati Karo dalam sambutannya mengatakan, pembangunan relokasi ini merupakan tahap terakhir dari relokasi mandiri tahap kedua. Oleh karena itu, diharapkan agar pembangunan relokasi ini harus bagus dan sesuai speks. Sebab, pemerintah telah membuat standarisasi relokasi ini berbentuk juknis.

“Namun, apabila masyarakat merasa mampu dan ingin untuk meningkatkan bangunan yang telah ditetapkan pemerintah, masyarakat diperbolehkan untuk meningkatkannya dengan dana mandiri,” jelas Terkelin.

Sementara, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Karo Ir. Martin Sitepu dalam laporannya menyebutkan, peletakan batu pertama pembangunan Relokasi Mandiri ini merupakan lanjutan dari penanganan relokasi tahap kedua dari Desa Gurukinayan, Berastepu, Gamber dan Kuta Tonggal yang tertinggal.

Dijelaskan, dalam relokasi ini pemerintah pusat memberikan dana untuk pembangunan rumah dan pengadaan lahan pertanian. “Diharapkan pembangunan Relokasi Mandiri ini bisa diselesaikan pada bulan Desember 2018 mendatang,” harap Martin.

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Asisten I Pemerintahan Drs. Suang Karo-Karo, Kasatpol PP Karo Hendrik Philemon Tarigan SSTP, Kepala Bagian Humas dan Protokol Drs. Djoko Sujarwanto dan unsur Muspika Kecamatan Simpang Empat.

  • FERRI
Ke Atas