KARO

Bupati Aceh Tengah Kunker ke Karo

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH memberikan plakat Pemkab Karo kepada Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – KABAR SUMUT

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tengah menggelar kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Karo, Sabtu (29/9/2018). Kehadiran rombongan Pemkab Aceh Tengah disambut langsung oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH di Rumah Dinas Bupati Karo, Jalan Veteran Kabanjahe.

Dalam kesempatan ini, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar menuturkan, Kabupaten Aceh Tengah memiliki wilayah yang mirip dengan Kabupaten Karo, terutama dari komoditi pertanian dan pariwisata. Untuk komoditi pertanian yakni kopi dan tembakau.

Oleh karena itu, rombongan Pemkab Aceh Tengah menyempatkan berkunjung ke lokasi pengembangan tembakau milik PT. Sumatra Tobacco Trading Company (STTC) di Karo.

Sementara, Bupati Karo mengharapkan agar silaturahmi yang baik antara Pemkab Karo dengan Pemkab Aceh Tengah, terus terjalin. Ia mengharapkan, dalam pengembangan per­tanian dan pariwisata kedepan, Aceh Tengah dan Karo dapat saling tu­kar informasi dan pengetahuan.

“70 persen masyarakat Karo bermata pencaharian dari bertani, sisanya pedagang, pegawai dan lainnya. Berhu­bung Karo masih dilanda erupsi gunung Sinabung, pemerintah masih fokus penanga­nan relokasi dan penyediaan lahan pertanian warga terdampak,” tutur Terkelin.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo Sarjana Purba STP MM membenarkan pernyataan Bupati Aceh Tengah. Menurutnya, pertanian di Karo banyak kemiripan dengan pertanian di Kabupaten Aceh Tengah terutama di komoditas pertanian seperti kopi, kentang dan wortel.

“Di pertanian kopi, petani Karo banyak mengembangkan varietas-varietas kopi unggulan termasuk juga varietas seperti kopi Gayo satu dan Gayo dua,” jelas Sarjana Purba.

Berdasarkan amatan KABAR SUMUT, kedua kepala daerah ini tampak bertukar cenderamata berupa plakat berlambang logo pemerintahan masing-masing.

Turut hadir dalam kesempatan ini diantaranya, Kepala Bappeda Karo Ir. Nasib Sianturi M.Si, anggota DPRD Karo Thomas Joverson Ginting, Asisten Bupati Karo, para Kepala Dinas, Kepala Badan, Kabag dan Camat di Kabupaten Karo.

  • FERRI
Ke Atas