KARO

Jelang Sumpah Pemuda, Karo akan Dianugerahi Kabupaten Layak Pemuda

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH berbincang dengan Kadispora) Kabupaten Karo, Drs. Robert Billy Perangin-angin terkait rencana penganugerahan penghargaan oleh Menpora kepada Pemkab Karo. KABAR SUMUT/Ist
print

TANAH KARO – KABAR SUMUT

Menjelang peringatan puncak Hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018 yang rencananya akan dilaksanakan di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (29/10/2018) mendatang, Pemkab Karo akan dianugerahi penghargaan yang luar biasa yakni Kabupaten Layak Pemuda.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Karo, Drs. Robert Billy Perangin-angin saat menemui Bupati Karo Terkelin Brahmana SH diruang kerjanya, Kamis (25/10/2018).

“Menpora RI akan menganugerahkan penghargaan Kabupaten Layak Pemuda kepada Pemkab Karo. Perhargaan yang diterima ini nantinya mewakili Pulau Sumatera dan akan diserahkan pada peringatan puncak Hari Sumpah Pemuda di Jakarta,” jelas Robert.

Disampaikan, penyerahan penghargaan ini berdasarkan surat edaran nomor : 005/67 06/bangsa tanggal 23 Oktober 2018. “Penghargaan ini akan diserahkan langsung kepada Bapak Bupati Karo dan tidak boleh diwakilkan,” jelas Robert.

Sementara, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH sangat bersyukur dan berterimakasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Menpora, yang telah memilih Pemkab Karo sebagai salah satu daerah sebagai kriteria menjadi Kabupaten Layak Pemuda.

“Syarat ukuran diantaranya peran serta Pemkab Karo melalui Dispora Kabupaten Karo yang dinilai mampu melakukan inovasi, pendampingan dan menggerakkan kegiatan kepemudaan secara positif dan produktif bersama masyarakat Karo khususnya,” kata Terkelin.

Begitu juga penilaian pemerintah pusat keberhasilan Pemkab Karo dalam besama-sama terlibat melaksanakan berbagai bentuk kegiatan misalnya, penyuluhan narkoba, pembinaan budaya melalui pentas seni, mempromosikan pariwisata melalui sinematography dan lainnya.

“Sebagai wujud komitmen kita akan kepedulian kepada pemuda, di APBD 2019 akan kita anggarkan pembangunan gedung serba guna di gedung nasional Jalan Pahlawan Kabanjahe. Anggarannya sekitar Rp 5 miliar. Berbagai sarana pendukung di Stadion Samura Kabanjahe juga terus kita benahi,” jelas Terkelin.

Selain olahraga, kata dia, pihaknya akan membangun tiga pilar besar yakni bangun olahraga prestasi, bangun olahraga budaya dan bangun karakter bangsa. Keberhasilan ini tentunya akan terwujud jika kita berkolaborasi, bersinergi terlebih dengan adanya anugrah penghargaan dari Kemenpora ini akan semakin melecut spirit memajukan masyarakat dan berbagai kegiatan kepemudaan di masa mendatang.

Ditambahkan, atas anugerah penghargaan tersebut, kedepannya diharapkan semua pemangku kepentingan, stakeholder dan masyarakat lebih peduli terhadap pembinaan generasi muda. “Kedepan kita akan menjadi pilot percontohan pembinan kepemudaan untuk regional barat (Sumatera, Jawa Barat dan Kalimantan),” tutupnya.

  • FERRI
Ke Atas