KARO

Desa Raya Masuk Kategori Desa Terbaik se Indonesia

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi M.Si dan Kepala Dinas PUPR Ir. Paten Poerba meninjau kebun bunga milik warga T. Ketaren di Desa Raya. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – KABAR SUMUT

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Asisten Pemerintahan Drs. Suang Karo-Karo, Kepala Dinas PMD Abel Tarwai Tarigan, Kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi M.Si dan Kepala Dinas PUPR Ir. Paten Poerba meninjau kebun bunga milik warga T. Ketaren di Desa Raya, Kecamatan Berastagi, Senin (19/11/2018).

Disampaikan Terkelin, mayoritas masyarakat Karo saat ini tahu bahwa Desa Raya merupakan Desa Seribu Bunga. Menurutnya, hal ini merupakan sebuah kebanggaan, karena Desa Raya masuk dalam nominasi kategori desa terbaik di seluruh Indonesia dari 33 provinsi yang ada.

Dikatakan, Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi sudah memberitahukan secara tertulis sesuai nomor surat : 1143/Hm.07/XI/2018 tanggal 9 November 2018 tentang pemberitahuan 33 daerah yang berhak menerima penghargaan desa terbaik berdasarkan pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2018.

“Ini patut kita syukuri. Dimana selain bermata pencaharian dari bunga, Desa Raya juga masuk kategori pembangunan yang merata dengan Dana Desa (DD). Ini cukup mengantarkan Desa Raya masuk salah satu nominasi desa terbaik perwakilan dari Sumut versi Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi,” tutur Terkelin.

Sebelumnya juga, kata Terkelin, Karo sudah beberapa kali menorehkan prestasi yakni masuk lima besar se Indonesia Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) dan Kabupaten Layak Pemuda dari 20 besar kabupaten/ kota se Indonesia. “Ini semua atas dukungan segenap lapisan masyarakat Karo, stakeholder,” pungkasnya.

Lebih lanjut disampaikan, jadwal penerimaan penghargaan desa terbaik dari Kementerian Desa belum ditentukan oleh Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. “Kita tunggu jadwal dan informasi selanjutnya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini,” tutupnya.

Sementara, salah seorang warga Desa Raya, T. Ketaren menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Karo yang turut mendukung ke pemerintah pusat sehingga Desa Raya sebagai Desa Seribu Bunga dapat menjadi desa terbaik.

“Mudah-mudahan Pemkab Karo terus berkarya memajukan desa-desa lain, sehingga bukan Desa Raya saja yang dapat predikat terbaik. Akan tetapi, desa lain juga layak diberikan predikat oleh pemerintah pusat sebagai desa terbaik ditahun-tahun berikutnya,” harapnya.

  • FERRI
Ke Atas