KARO

Kemenkes RI Akreditasi 11 Puskesmas di Karo

Wakil Bupati Karo Cory Sriwari br Sebayang berfoto bersama tim Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes RI dan lainnya dalam penilaian akreditasi terakhir di Puskesmas Simpang Empat. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – KABAR SUMUT

Setelah melalui proses penilaian dalam beberapa bulan terakhir, akhirnya 11 dari 19 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Karo selesai diakreditasi oleh Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty br Sebayang saat menghadiri penilaian akreditasi terakhir di Puskesmas Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat, Kamis (22/11/2018). Akreditasi ini bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat terutama di bidang pelayanan kesehatan.

“Pemkab Karo berkomitmen memprioritaskan pembangunan kesehatan melalui jangkauan perluasan dengan mutu kesehatan secara berkesinambungan melalui akreditasi. Untuk itu, hari ini tim penilai Akreditasi Surveior akan bekerja sesuai tupoksinya sebagai acuan tahapan yang harus dilalui Puskesmas Simpang Empat,” jelas Cory.

Dalam kesempatan ini, Cory yang didampingi oleh Asisten II Jernih Tarigan dan Kepala Dinas Kesehatan drg. Irna Safrina br Sembiring Meliala menyampaikan selamat datang kepada tim dari Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes RI yang diwakili oleh Wirda Lius SKM, Ashari SKM dan dr. Dewi Rusnita MSc.

“Keberhasilan program kesehatan khususnya di Karo pada hakekatnya menuntut kerjasama antara Pemkab Karo, stakeholder dan seluruh masyarakat. Keberhasilan ini salah satunya adalah bentuk pengakuan dari tim Akreditasi Puskesmas. Untuk itu, tahun ini 11 Puskesmas selesai diakreditasi,” harapnya.

Ketua Tim Akreditasi dari Kemenkes RI, Wirda Lius SKM menyampaikan, kegiatan akreditasi ini adalah corong untuk menguji Puskesmas dalam meningkatkan pelayanan dan mutu kualitas puskesmas bagi masyarakat.  Sebab tanpa akreditasi, Puskesmas tidak dapat diakui bermutu.

“Hal ini dikuatkan oleh amanah Undang Undang Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 75 Tahun 2014 bahwa setiap Puskesmas wajib untuk diakreditasi secara berkala paling sedikit tiga tahun sekali,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo drg. Irna Safrina br Sembiring Meliala menyebutkan bahwa 11 dari 19 Puskesmas di Karo telah selesai diakreditasi tahun ini. “Tahun lalu 3 Puskesmas sudah diakreditasi, tahun ini 11 Puskesmas. Untuk 5 Puskesmas lagi akan dilaksanakan tahun 2019,” tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Danramil 04/SE Kapten (Kav) Julister Surbakti, Kepala Puskesmas Simpang Empat dr. Abed Nego, Ketua TP PKK  Simpang Empat Ny. Amsah Perangin-angin, tokoh masyarakat, agama dan para lansia Desa Ndokum Siroga.

  • FERRI
Ke Atas