KARO

Lanjutkan Pelebaran Jalan Tahap II, Bupati Karo Tebang Pohon Mahoni

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH melakukan penebangan dan pembersihan pohon dalam rencana pelebaran jalan tahap kedua di Desa Sumber Mufakat Kabanjahe. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – KABAR SUMUT

Menindaklanjuti rencana pelebaran tahap kedua jalan Kabanjahe – Simpang Ujung Aji Berastagi, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH mengawali penebangan pohon jenis mahoni di Jalan Djamin Ginting, Desa Sumber Mufakat (Sumbul), Kecamatan Kabanjahe, Senin (26/11/2018).

Dalam kesempatan ini, Terkelin didampingi oleh Kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi M.Si, Kepala Dinas Perhubungan Gelora Fajar Purba SH MH, Camat Berastagi Mirton Ketaren dan anggota DPRD Karo diantaranya, Thomas Joverson Ginting, Onasis Sitepu ST, Jon Karya Sukatendel dan Jidin Ginting.

Menurut Terkelin, penebangan dan pembersihan pohon mahoni dan palm sebanyak 200 batang dengan panjang 2 Km ini, memakan biaya 3,5 miliar. Biaya ini sudah termasuk perbaikan dan ganti rugi pagar milik masyarakat yang terkena dampak proyek pelebaran jalan nasional ini.

“Pembersihan pohon ini mulai dari Desa Sumbul sampai batas gudang sebelah Makodim 0205/TK, direncanakan selesai sampai akhir Desember. Tidak ada alasan tidak selesai. Jangan sampai SILPA, agar pelebaran jalan ini lancar dan tidak terganggu diawal tahun 2019 mendatang,” tegasnya.

Lantas, apa langkah yang dilakukan terkait warga yang masih keberatan akibat lahan mereka yang terkena pelebaran jalan? “Kita tetap buat pendekatan. Pekerjaan dan waktu jangan terganggu. Jika ada keberatan, kita tinggal, kita jalan terus. Nanti diwaktu tertentu kita buat pendekatan,” jelasnya.

Disampaikan, masyarakat harus sadar bahwa pembangunan itu sangat penting. “Salah satu kunci keberhasilan suatu daerah adalah pembangunan infrastruktur. Jika proyek ini berjalan baik, secara ekonomi tentunya nilai investasi atau lahan warga semakin mahal, suasana semakin indah dan resiko macet minim. Ini harus dipahami warga,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi M.Si mengatakan, ini merupakan pelebaran jalan tahap kedua. Pelebaran jalan ini direncanakan sampai ke tahap ketiga, mulai dari Simpang Ujung Aji hingga tugu Kol Berastagi.

“Mengawali pelaksanaan pelebaran jalan tersebut, tadi bapak Bupati Karo sudah melakukan penebangan dan pembersihan di titik awal yakni di Desa Sumber Mufakat Kabanjahe. Diharapkan, seluruh masyarakat mendukung pengerjaan proyek ini,” harap Sianturi.

  • FERRI
Ke Atas