KARO

Peringatan HKN ke 54 Provinsi Sumut Digelar di Karo

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Agustama Apt M.Kes, Doktor Asren Nasution MA dan yang lainnya berfoto bersama dalam pelaksanaan HKN ke 54 Tahun 2018 tingkat Provinsi Sumut. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – KABAR SUMUT

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 Tahun 2018 tingkat Provinsi Sumatera Utara digelar di wilayah Kabupaten Karo, Senin (26/11/2018). Kegiatan bertema “Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita” ini, dipusatkan di Taman Mejuah-juah Berastagi.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Agustama Apt M.Kes dalam laporannya menyampaikan, peringatan ini dirangkai dengan kegiatan pelayanan kesehatan bergerak, Senam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Pameran Kesehatan, Penyerahan Kartu BPJS Kesehatan serta Deklarasi Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dari Kecamatan Tiga Binanga dan Desa Gurusinga, Kecamatan Berastagi.

Dipaparkan, jenis pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat Karo ini meliputi pelayanan pengobatan, pelayanan pemeriksaan kadar gula, darah, asam urat, kolesterol, pemeriksaan mata, pemeriksaan gigi dan mulut, pemeriksaan kesehatan jiwa, pemeriksaan kualitas udara dan donor darah.

Selain itu, pemberian kacamata gratis sebanyak 300 di lapangan, pemberian 30 kacamata untuk Kecamatan Juhar, Tiganderket dan Lau Baleng. Selanjutnya, IVA Test sebanyak 450 orang di tiga kecamatan, pemeriksaan Spirometri sebanyak 200 orang dan pelayanan penyehat tradisional.

Sementara, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sumut yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat Doktor Asren Nasution MA, yang telah memilih Karo sebagai tempat terselenggaranya HKN ini.

Menurutnya, komunikasi yang baik antara Dinas Kesehatan Karo dan Dinas Kesehatan Provsu selama ini, membuat kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. “Jalin terus komunikasi yang baik kedepannya, agar kegiatan seperti ini dapat tercipta ditahun-tahun berikutnya,” pungkas Terkelin.

Sementara, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melalui Doktor Asren Nasution MA menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Karo dan semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Ini.

“Kerjasama yang telah kita jalin selama ini diharapkan terus berkelanjutan guna mewujudkan segala kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan ini. Gubernur Sumut berpesan, jadilah Kabupaten Karo bagian dari daerah maju, aman dan bermartabat,” tutupnya.

Berdasarkan amatan KABAR SUMUT, dilaksanakan penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara simbolis kepada masyarakat oleh Doktor Asren Nasution MA bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dan para Kepala SKPD Karo secara bergiliran.

Turut hadir dalam acara ini diantaranya, Sekdakab Karo Drs. Kamperas Terkelin Purba M.Si, Kepala Dinas Kesehatan drg. Irna Safrina br Sembiring Meliala, Kepala Dinas Perhubungan Gelora Fajar Purba SH MH, Kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi M.Si, Direktur RSU Kabanjahe dr. Arjuna Wijaya, para Camat, Lansia dan lainnya.

  • FERRI
Ke Atas