KARO

BPNB Aceh Gelar Acara Budaya di Berastagi, ini Kata Bupati Karo

Keterangan Gambar : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH melakukan pemukulan gong saat membuka acara Sosialisasi dan Sinkronisasi Program Pelestarian Nilai Budaya Aceh dan Sumatera Utara. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – KABAR SUMUT

Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menggelar acara Sosialisasi dan Sinkronisasi Program Pelestarian Nilai Budaya Aceh dan Sumatera Utara di Hotel Internasional Sibayak Berastagi, Kamis (21/2/2019).

Sosialisasi yang dibuka secara resmi oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH ini diselenggarakan selama empat mulai 21 – 24 Februari 2019 dan diikuti oleh dinas/ instansi yang membidangi kebudayaan se Provinsi Aceh dan se Sumatera Utara.

Kepala BPNB Aceh, Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Irini Dewi Wanti SS MSP dalam laporannya menjelaskan, acara ini untuk menciptakan kembali kerjasama yang terpadu dalam pembangunan bidang kebudayaan, agar terbuka peluang sinergitas kegiatan antar lembaga yang memiliki kegiatan dan tujuan yang sama.

Sementara, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH mengatakan, sosialisasi dan sinkronisasi program ini ibarat jembatan penghubung antara kita dengan agenda pemajuan kebudayaan yang telah dipersiapkan sebagai tindak lanjut atas resolusi kebudayaan yang dipublish pada kongres kebudayaan Indonesia tahun 2018.

“Acara yang digelar BPNB Aceh ini mengundang kita untuk berinteraksi secara luas, lebih terbuka melintasi batas – batas daerah administrasi untuk mendapatkan maupun bertukar gagasan serta pengalaman baru,” ungkap Terkelin.

Ia juga menambahkan, melalui acara ini harus muncul kesadaran bahwa kebudayaan juga adalah modal, kekayaan dan kekuatan sosial kita sehingga harus terus dijaga demi kelangsungan hidup kita serta Negara dan bangsa yang kita perjuangkan ini.

“Semoga kedepannya kebudayaan daerah semakin maju, berkembang dan ikut berkontribusi dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya dan selanjutnya melakukan pemukulan gong tanda pembukaan acara tersebut.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Aceh Bambang Sakti Wiku Atmodjo SS, Kepala Balai Arkeologi Sumut DR. Ketut Wiradnyana MSi, Kadis Pariwisata Karo Ir. Mulia Barus M.Si, Camat Berastagi Mirton Ketaren, Camat Merdeka Terang Ukur Surbakti, Kabag Humas dan Protokol Drs. Djoko Sujarwanto, Dinas Pendidikan dan Dinas PMD.

  • FERRI
Ke Atas