KARO

Pemkab Karo Gelar Lomba Vokal Solo Lagu Perjuangan Bahasa Karo

Keterangan Gambar : Salah seorang pelajar turut serta dalam lomba vokal solo lagu perjuangan bahasa Karo. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – KABAR SUMUT

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH melalui Asisten Pemerintahan Setdakab Karo Drs. Suang Karo-Karo membuka lomba vokal solo lagu-lagu perjuangan bahasa daerah Karo di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo, Jalan Veteran Kabanjahe, Senin (12/8/2019).

Suang menyampaikan, pelaksanaan lomba vokal solo lagu-lagu perjuangan ini serangkaian dengan peringatan HUT ke-74 RI tahun 2019. Menurutnya, kegiatan ini membangkitkan kembali semangat juang dan patriotisme para pejuang-pejuang kita.

“Tanah Karo adalah daerah perjuangan. Ini dibuktikan bahwa makam pahlawan hanya ada dua di Indonesia. Satu di Surabaya dan satu lagi di Kabanjahe. Untuk itu, kegiatan ini digelar guna menggugah generasi muda khususnya para pelajar untuk lebih menghayati perjuangan para pejuang dalam merebut kemerdekaan,” jelas Suang.

Ia menjelaskan, Tanah Karo dalam mengaktualisasikan perjuangan banyak diungkapkan melalui seni budaya. “Disini juga banyak komponis nasional seperti Djaga Depari. Beliau banyak menciptakan lagu-lagu perjuangan dan dikisahkan saat sedang berjuang,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Karo dikenal dengan bumi hangus. Semua demi perjuangan dan diungkapkan dalam bentuk nyanyian lagu-lagu perjuangan. “Untuk itu, kita ingin menggugah generasi muda Karo agar bisa menghayati nilai-nilai perjuangan itu,” tutupnya.

Sementara, Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setdakab Karo Maria Rasmekita br Barus mengatakan bahwa peserta lomba ini merupakan pelajar dari utusan kecamatan se Kabupaten Karo.

Adapun lagu-lagu perjuangan yang diperlombakan yaitu untuk lagu wajib lagu Perkantong Samping ciptaan Djaga Depari. Sementara lagu pilihan diantaranya, Juma Juma Padang Sambo, Sora Mido Ido dan Erkata Bedil.

  • FERRI
Ke Atas