KARO

Bupati Karo Diminta Bongkar Pelaku Kelangkaan BBM Premium

Keterangan Gambar : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH berfoto bersama pengurus SAPMA IPK Kabupaten Karo usai berbincang mengenai kelangkaan BBM Premium di Karo. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – SUMBER

Pengurus Satuan Pelajar dan Mahasiswa Ikatan Pemuda Karya (SAPMA IPK) Kabupaten Karo yang diketuai Anugrah Kacaribu didampingi Sekretaris Andes Pranata Sinulingga, Wakil Sekretaris Ekin Sura Tarigan S.Pd dan lainnya, menemui Bupati Karo Terkelin Brahmana SH di ruang kerjanya, Selasa (10/9/2019).

Anugrah menerangkan, kehadiran pihaknya guna menyampaikan kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium yang sudah berlangsung cukup lama di Karo. Menurutnya, banyak SPBU yang beroperasi khususnya di Kabanjahe dan Berastagi, namun satupun tidak melakukan penjualan BBM Premium.

Ia menuding, ada indikasi permainan “kotor” para oknum dengan pihak SPBU dalam penjualanan Premium. “Mengapa di daerah Desa Suka Makmur, Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, ada menjual Premium? Ini aneh, ada apa? Pasti ada permainan dibalik ini semua,” kecam Anugrah.

Ia menekankan, kelangkaan ini harus segera dibongkar dan yang terpenting melakukan penangkapan terhadap para pelaku. Ditegaskan, pihaknya siap berada di barisan terdepan untuk membongkar fenomena “raibnya” Premium tersebut.

“Kemana subsidi masyarakat? Berapa uang hilang demi kepentingan oknum tertentu? Disini perlu peran pemerintah daerah. Seingat saya, ada 11 lokasi SPBU di Karo, semuanya tidak menjual Premium. Ini terjadi sudah berbulan – bulan. Di SPBU hanya menjual Pertalite, Pertamax dan Bio Solar dan lainnya,” tandasnya.

Oleh karena itu, dalam pertemuan ini ia meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo untuk segera melakukan pendataan terkait penyebab kelangkaan Premium. “Masyarakat sudah muak dengan permainan para pengusaha SPBU. Mereka sama sekali tidak memikirkan masyarakat Karo,” kecamnya.

Merespon hal itu, Bupati Karo menyebut akan menampung seluruh masukan dan saran dari pengurus SAPMA IPK Karo terkait kelangkaan BBM Premium di Karo. Terkelin juga membenarkan kelangkaan bahan bakar ini sudah berlangsung cukup lama.

“Ini tugas Bagian Perekonomian Pemkab Karo. Akan segera diambil langkah untuk mencari penyebab kelangkaan tersebut. Hal seperti ini jangan dibiarkan. Mari saling bekerja sama untuk mencari apakah disini ada perbuatan yang melawan hukum. Ini akan menjadi urusan aparat penegak hukum,” tutupnya.

Sementara, Staf Perekonomian Pemkab Karo Bery Depari meminta agar pihaknya diberikan waktu tiga hari untuk menindaklanjuti terkait kelangkaan BBM Premium tersebut. “Informasi atas kelangkaan Premium ini akan secepatnya kita cari dan akan segera kita laporkan secara tertulis,” jelas Bery.

  • FERRI
Ke Atas