KARO

Ditinjau Bupati Karo, Pembangunan Museum Djaga Depari Terkendala Dana

Keterangan Gambar : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi sejumlah pimpinan OPD berbincang bersama putri Alm. Djaga Depari, Agustina br Depari. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – SUMBER

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH meninjau lokasi pembangunan museum Komponis Nasional Alm. Djaga Depari di Lau Kemit, Desa Seberaya, Kecamatan Tigapanah, Senin (2/9/2019). Peninjauan itu sebagai bentuk dukungan untuk pembangunan museum tersebut.

Dalam kunjungan itu, Terkelin mengaku pihaknya sengaja datang dengan membawa sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait guna memberi fasilitas yang dibutuhkan dalam proses pembangunan museum pencipta lagu-lagu bertemakan perjuangan (patriotisme) itu.

“Apa yang dapat kita fasilitasi segera kita berikan, misalnya masalah lampu penerangan, segera dipasang 4 titik. Begitu juga jembatan Lau Kemit ini akan kita perbaiki secepatnya melalui Dinas PUPR. Intinya, kita semua gotong royong, apa yang bisa dibantu akan kita bantu,” tutur Terkelin.

Anak dari Alm. Djaga Depari, Agustina br Depari, Ngapuli Depari, Sekretaris Umum pembangunan monumen/ museum Djaga Depari Drs. Menno Depari dan Kepala Desa Seberaya Panca Ginting, mengharapkan kehadiran Bupati Karo dapat menemui jalan keluar mengingat pembangunan museum ini terkendala dana.

“Kami keturunan Alm. Djaga Depari sudah menyumbangkan dana sebesar Rp 100 juta. Akan tetapi, dana ini tidak cukup sehingga kami butuh bantuan dari pemerintah dan para donatur agar pembangunan museum dapat diselesaikan,” jelas Agustina.

Sementara, Drs. Menno Depari menambahkan, anggaran yang dibutuhkan sesuai taksasi dana penghitungan seusai pembuatan gedung, lanscap dan cetak buku kenang-kenangan yakni sebesar Rp699.940.000.

Untuk itu, kata dia, bagi yang berminat membantu dengan sukarela dapat mengirim ke rekening BRI Nomor 14401027689502 atas nama Agustina Depari. “Rencana kedepan, pihak panitia mencari dan mengumpulkan dana dengan cara mengadakan konser musik lagu-lagu komponis Alm. Djaga Depari pada bulan November 2019 di Balai Zeqita Medan,” tutup Menno.

Turut mendampingi Bupati Karo diantaranya, Kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi M.Si, Kadispora Drs. Robert Perangin-angin, Kadis Pendidikan Eddi Surianta Surbakti, Plt. Kadis PUPR Paksa Tarigan ST, Plt Kadis Pariwisata Kasman Sembiring, Kabid Pertamanan Baron Kaban, Sekretaris Dinas Sosial Joses Bangun dan Camat Tigapanah Data Martina br Ginting.

  • FERRI
Ke Atas