KARO

Ketua Dekranasda Karo Hadiri Rakernas Dekranas 2019 di Jakarta

Keterangan Gambar : Ketua Dekranasda Kabupaten Karo, Ny. Sariati Terkelin Brahmana menghadiri Rakernas Dekranas tahun 2019 di Jakarta. KABAR SUMUT/Ist

print
TANAH KARO – SUMBER

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Karo, Ny. Sariati Terkelin Brahmana, menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas tahun 2019 di lantai 16 Gedung Serba Guna Jenderal AH Nasution, Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Rakernas dibuka oleh Mufidah Jusuf Kalla serta dihadiri mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri, Ketua Dekranasda Sumut bersama Ketua Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia yang digelar selama satu hari. Dihari berikutnya, digelar Pameran Karya Nusantara (Kriyanusa) tahun 2019 yang dimulai dari 11 – 15 September 2019 di Balai Kartini Jakarta.

Sariati menyampaikan, rakernas ini mengangkat tema, peningkatan saing produk kerajinan melalui pengembangan kreativitas dan kewirausahaan. Sesuai tema tersebut, pihaknya akan menyinkronkan antara program pusat dan daerah. “Pengrajin Kabupaten Karo diharapkan dapat bersaing di pasaran,” harap Sariati.

Disampaikan dalam keterangan tertulisnya, Dekranasda Karo juga bersinergi dengan Dekranasda Provinsi Sumut dalam peningkatan kualitas dan pemasaran produk kerajinan daerah Karo.

“Rakernas ini sebagai media untuk menambah wawasan Dekranasda Karo dalam membina usaha kecil menengah (UKM) para pengrajin. Sehingga, produk kerajinan yang dihasilkan lebih berkualitas, memiliki nilai tambah, dan dapat bersaing di pasar Nasional maupun Internasional,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, pihaknya turut menghadiri pameran Kriyanusa. Kehadiran pihaknya guna memfasilitasi pengrajin dalam mempromosikan dan memasarkan hasil kerajinan daerah Karo.

“Intinya, Dekranasda Karo akan selalu berusaha untuk dapat mendorong pelaku industri kerajinan agar mampu bersaing. Tak kalah penting, kita harus mampu berperan dalam meningkatkan daya saing UMKM serta ekonomi kreatif melalui peningkatan kuantitas dan kualitas produk,” pungkasnya.

Ia menjelaskan, pameran Kriyanusa bertujuan meningkatkan rasa cinta dan bangga masyarakat Indonesia akan produk kerajinan Indonesia. “Kriyanusa juga menjadi ajang pembelajaran bagi para pengrajin daerah untuk dapat lebih memperhatikan dan meningkatkan kualitas produk-produk yang dipamerkan,” tutupnya.

Terpisah, Bupati Karo Terkelin Brahmana menyampaikan, Pemkab Karo wajib mendukung penuh setiap kegiatan Dekranasda, karena itu adalah bagian dari memajukan pembangunan daerah. “Saya yakin dan percaya jika semua pemangku kepentingan memiliki visi yang sama, kerajinan kita akan lebih maju,” tutur Terkelin.

Pada dasarnya, kata dia, produk yang dihasilkan daerah memiliki manfaat ganda. “Disatu sisi merupakan upaya untuk melestarikan warisan budaya leluhur kita sesuai semangat kearifan lokal. Disisi lain, hal ini merupakan upaya untuk menumbuhkan kegiatan ekonomi kerakyatan,” pungkasnya.

  • FERRI
Ke Atas