KARO

Komunitas Marga Yap Serahkan Ratusan Paket Bantuan Sembako

Datangi Warga Korban Erupsi Gunung Sinabung yang Tinggal di Zona Merah

print
TANAH KARO | KABAR SUMUT

Wakil Bupati Karo Ibu Cory S Sebayang menerima secara simbolis ratusan paket sembako dari Ketua Komunitas Marga Yap Bapak Yandy Yap yang di dampingi Datuk Hocky Yap dan Ketua Relawan Gerakan Karo Erdilo Roy Fachraby Ginting di halaman Gedung DPRD Karo di Kabanjahe untuk di serahkan kepada warga korban erupsi Gunung Sinabung Rabu (31/8)

Wakil Bupati Karo Ibu Cory S Sebayang menerima secara simbolis ratusan paket sembako dari Ketua Komunitas Marga Yap Bapak Yandy Yap yang di dampingi Datuk Hocky Yap dan Ketua Relawan Gerakan Karo Erdilo Roy Fachraby Ginting di halaman Gedung DPRD Karo di Kabanjahe untuk di serahkan kepada warga korban erupsi Gunung Sinabung Rabu (31/8). KABARSUMUT/robinson purba

Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, sudah berlangsung hingga tahun keenam. Peristiwa ini sewaktu-waktu dapat mengakibatkan serangan awan panas yang mematikan serta hujan debu yang mematikan tanaman pertanian warga. Baik di lahan yang berada di zona merah, maupun di luar zona merah.

Kondisi ini menyebabkan penderitaan warga semakin berat, dimana ribuan warga kini tinggal di pengungsian serta hingga kini ratusan warga masih bertahan di kawasan zona merah.

Meski demikian, kondisi ini tak membuat ciut nyali rombongan komunitas Tionghoa Marga Yap yang dipimpin oleh Ketua, Yendi Yap dan Datuk Hocky Yap, Dicky Yap, Ibu Yap Siu Lan, Yap Thiam Bun serta rombongan lainnya.

Dengan dipandu relawan Gerakan Karo Erdilo, Roy Fachraby Ginting SH M.Kn, Denhas Sembiring Maha, Desnalri Sinulingga, Pelin Depari, Lloyd Reynord Ginting, Suyato Tarigan serta Kadis Sosial Kabupaten Karo Almina br Bangun dan tokoh wanita Karo Delphina br Tarigan, mereka mengunjungi ratusan warga untuk melaksanakan bakti sosial dengan menyerahkan secara langsung ratusan paket sembako.

Bantuan yang diserahkan terdiri dari beras, gula, minyak goreng, bubuk teh, kecap, mie instan ratusan kotak, roti, pakaian dan yang lainnya, Rabu (31/8/2016) lalu.

Desa desa di lereng Sinabung di kunjungi Komunitas Marga Yap itu. Mulai dari desa Sukanalu Teran, Sigarang Garang, Simpang Kuta Rayat, Kuta Gugung dan Lau Kawar. Setiap desa di serahkan paket bantuan sembako secara langsung dan mendapat sambutan hangat dari ratusan masyarakat.

Bahkan di beberapa desa yang di kunjungi, mereka sangat terharu dan menitikkan air mata mendapat perhatian dengan mengantarkan bantuan langsung dari komunitas marga Yap ini. Menurut mereka baru kali ini ada komunitas sosial yang berani memasuki zona merah untuk memberikan bantuan buat mereka. Biasanya bantuan di serahkan di posko pengungsian di kabanjahe dan diserahkan secara seremonial, ujar mereka.

Ketua Komunitas Marga Yap Bapak Yendy Yap dalam kata sambutannya di Desa Sigarang Garang mengatakan bahwa kedatangan mereka ke desa desa dalam zona merah Sinabung ini karena panggilan hati nurani dan rasa prihatin serta sedih melihat nasib saudara mereka di lereng Sinabung dan langsung mendapat laporan dari Ketua Presidium Relawan Gerakan Karo Erdilo Pak Roy Fachraby Ginting tentang keadaan warga di lereng Gunung Sinabung yang masuk dalam zona merah ini.

“Pak Roy Fachraby Ginting beserta Kadis Sosial Pemkab Karo Ibu Almina Bangun siap mengantar dan mengawal kami ke sini untuk mendampingi kami memberikan secara langsung bantuan ini dan semoga bermanfaat dan dapat meringankan penderitaan saudaraku sekalian di sini. Secara khusus saya juga mengucapkan terimakasih kepada wakil Bupati Karo ibu Cory Sebayang yang tadi langsung menyambut dan melepas kami berangkat ke sini dan semoga ke depan kita terus bisa bekerja sama dalam misi sosial dan kemanusiaan ini” Ujar Yandy Yap dengan prihatin.

Sementara itu Wakil Bupati Karo Cory Sebayang dalam menyambut dan melepas rombongkan komunitas Marga Yap dan Relawan Karo Erdilo di halaman Gedung DPRD Karo di Kabanjahe dalam melaksanakan bakti sosial untuk penyerahan secara langsung ratusan paket sembako ini menyatakan rasa salut dan bangga serta penghargaan yang setinggi tingginya atas perhatian dan kepedulian komunitas marga Yap yang di pimpin pak Yandy Yap dan Pak Datuk Yap. Selamat datang di Tanah Karo dan selamat berbakti untuk anak negeri kita yang sedang menderita di bumi turang.

“Saya yakin, Apabila langkah langkah komunitas marga Yap ini di ikuti oleh semua komunitas badan dan yayasan sosial maka permasalahan erupsi Sinabung akan cepat selesai. Saya sangat berterimakasih dengan upaya pak Yandy Yap dan kawan kawan serta berterimakasih kepada Relawan Gerakan Karo Erdilo yang di pimpin saudara Roy Fachraby Ginting yang tiada letih letihnya terus berbuat dan mengabdi untuk kuta kemulihen Tanah Karo” Ujar Cory Sebayang.

Sedangkan Ketua Gerakan Relawan Karo Erdilo Roy Fachraby Ginting menyatakan bahwa kunjungan langsung ke zona merah ini dalam menyalurkan dan mengantarkan sumbangan ratusan paket sembako ini memang sangat berbahaya. Namun, pihaknya juga tidak bisa menutup mata dengan masih banyaknya warga yang tinggal di desa desa dalam zona merah ini. Pejabat berwenang juga saat ini kerap bingung apa yang harus diperbuat kepada warga yang nekat masuk ke zona merah. Padahal, daerah itu sangat berbahaya karena erupsi dan awan panas bisa saja tiba-tiba terjadi seperti beberapa waktu lalu.

Menurut Roy Fachraby Ginting, Rata-rata warga yang berada di zona merah itu tak mau meninggalkan tempat tinggalnya. Kalau pun bersedia tinggal di pengungsian, mereka juga kerap kembali ke rumah mereka untuk mengurus perkebunan yang sudah terkubur abu. Untuk itu dia mengharapkan agar Bupati Karo Terkelin Brahmana selaku kepala Pemerintahan Kabupaten Karo cepat bertindak dan bekerja untuk mempersiapkan dan menuntaskan desa relokasi yang layak beserta lahan pertanian mereka sehingga dengan demikian aparat pemerintah dapat dengan tegas melakukan sweeping ke lokasi zona merah untuk memastikan tidak ada lagi masyarakat yang membangkang.

“Kita minta kawasan zona merah untuk disisir. Jika ada masyarakat yang masih bertahan di zona merah, bawa ke penampungan atau zona yang lebih aman. Keselamatan warga lereng Sinabung harus lebih kita utamakan dan itu tanggung jawab pemerintah,” tegas Roy Fachraby Ginting.

  • ROBINSON PURBA
Ke Atas