Sorot

Ratusan Massa Purba Mergana Unjuk Rasa di PN Kabanjahe

Terkait Pembatalan Eksekusi Lahan Bukit Kubu Hotel

print
Ratusan massa Purba Mergana, saat menggelar unjuk rasa di depan Kantor PN Kabanjahe, Jumat (21/10)

Ratusan massa Purba Mergana, saat menggelar unjuk rasa di depan Kantor PN Kabanjahe, Jumat (21/10).KABAR SUMUT/robinson purba

TANAH KARO | KABAR SUMUT

Ratusan massa yang tergabung dalam Purba Mergana, Kalimbubu, Anak Beruna ras Temanna Sedalanen Kerina, menggelar unjuk rasa di depan Kantor Pengadilan Negeri (PN) Kabanjahe, Jumat (21/10) sekira pukul 15.30 WIB petang.

Keterangan yang diperoleh Kabar Sumut dari salah seorang perwakilan massa Purba Mergana, Anju Silitonga menyebutkan, kehadirannya di PN Kabanjahe guna mempertanyakan alasan pembatalan eksekusi lahan Bukit Kubu Hotel padahal jadwalnya sudah  ditentukan pada tanggal 19 Oktober 2016 lalu.

“Pelaksanaan Eksekusi ini sudah berkali-kali ditunda. Padahal penetapan dari Mahkamah Agung dan PN Kabanjahe sudah keluar. Kita ingin mempertanyakan apa alasan di lakukan penundaan dan pembatalan eksekusi tersebut. Hingga saat ini jawabannya belum kita dapatkan,” jelas Anju.

Menurutnya, jika pertanyaan tersebut tidak mendapatkan jawaban dari PN Kabanjahe, pihaknya akan terus menggelar unjuk rasa dengan jumlah massa sampai ribuan.

“Jika permasalahan ini tidak mendapatkan kejelasan, kita akan melakukan aksi terus-menerus. Hukum di Indonesia harus ditegakkan sesuai ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini sesuai dengan program Nawacita Presiden RI Joko Widodo,” ungkapnya.

Berdasarkan amatan wartawan, ratusan massa hadir di depan PN Kabanjahe dengan menumpangi sekitar 50-an mobil pribadi dengan berbagai jenis. Seluruh massa Purba Mergana tampak mengenakan pita kuning dan sebagian mengenakan topi warna hitam bertuliskan “PURBA” berwarna kuning.

Ratusan massa berkali-kali meneriakkan yel-yel Purba Mergana sambil bernyanyi serta meminta agar Ketua PN Kabanjahe Aimafni Arli SH MH keluar dari ruangan untuk menemui mereka.

Personel keamanan dari Polres Karo, Brimob Poldasu dan TNI dari Kodim 0205/TK dan Yonif 125/Si’mbisa tampak siaga melakukan penjagaan ketat dengan persenjataan lengkap di halaman PN Kabanjahe dan di rumah dinas Ketua PN Kabanjahe. Gerbang pintu masukpun tampak ditutup rapat.

Sejumlah perwakilan dan kuasa hukum Purba Mergana, Dahsat Tarigan SH dkk, akhirnya diterima oleh pihak PN Kabanjahe, untuk dilakukan dialog. Massa akhirnya membubarkan diri dari lokasi sekira pukul 17.30 WIB.

Seperti diketahui, lahan Bukit Kubu Hotel seluas 6,1 hektar sebelumnya rencana dilakukan eksekusi sesuai putusan PN Kabanjahe tentang perkara perdata No.50/Pdt.G/2012/PN.Kbj. Hal itu menyusul terbitnya putusan MA RI No 590K/Pdt/2015 tanggal 9 Juli 2015 lalu. Pihak termohon (Bukit Kubu Hotel) diketahui telah melakukan upaya hukum Peninjauan Kembali

  • ROBINSON PURBA
Ke Atas