KARO

Kabanjahe Daerah Lintasan Wisata Rawan Macet

Bupati Karo : Peningkatan Jalan Ring Road Kota Kabanjahe Harus Diprioritaskan
print
Bupati Karo Terkelin Brahmana,SH meninjau Jalan Lingkar (Ring Road) Kabanjahe, Senin (21/11). KABAR SUMUT/robinson purba

Bupati Karo Terkelin Brahmana,SH meninjau Jalan Lingkar (Ring Road) Kabanjahe, Senin (22/11). KABAR SUMUT/robinson purba

TANAH KARO | KABAR SUMUT

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH meminta agar jalan lingkar (ring road) kabanjahe dilakukan pembenahan dan peningkatan. Hal ini sangatlah penting, guna mengurai kemacetan lalu lintas akibat pertambahan kendaraan di Kota Kabanjahe.

“Sebagai daerah lintas wisata, otomatis kepadatan jalan di Kota Kabanjahe tidak lah terhindarkan. Kompleksitas perlalulintasan, khususnya di Kota Kabanjahe menjadi perhatian serius kita,” ujar Terkelin Brahmana saat meninjau ring road Kabanjahe, Selasa (22/11).

Menurutnya, pembangunan jalan lingkar ini harus dimaksimalkan, agar dapat dimanfaatkan untuk mengurai kepadatan sejumlah ruas jalan di inti Kota Kabanjahe. Untuk anggaran perbaikan jalan tersebut dapat ditampung di APBD TA 2017,” katanya

“Jalan lingkar Kabanjahe sudah sangat mendesak untuk difungsikan, untuk mengurai kepadatan dan kemacetan di inti kota maupun sebagian ruas jalan lainnya, khususnya di hari libur dan hari besar keagamaan,” jelasnya.

Ditambahkan, masalah transportasi khususnya kemacetan menjadi salah satu prioritas Pemkab Karo untuk lima tahun ke depan. Apalagi, dengan pesatnya peningkatan jumlah kendaraan setiap harinya, tentu harus diikuti kesiapan sarana dan prasarana yang ada.

Menurutnya, dinamika pertumbuhan transportasi dan kepadatan di inti Kota Kabanjahe yang kian tinggi, harus turut disiasati dengan ide-ide yang solutif, inovatif serta bermanfaat.

Sementara itu, Dasar Ginting (47) warga Kota Kabanjahe mengamini hal itu. Ia menyebut, sudah saatnya pembangunan jalan lingkar Kota Kabanjahe ditingkatkan. Menurutnya, perlu pelebaran di beberapa titik disertai pembangunan drainase.

“Ini solusi mengurai kemacetan di inti kota. Lihat saja sejumlah ruas jalan di inti kota, setiap hari macet. Kalau ditinjau dari kondisi jumlah penduduk serta luas Kota Kabanjahe, hampir dipastikan kepadatan dan kesemerawutan lalu lintas akan terjadi beberapa tahun kedepan,” katanya.

Lanjutnya, Pemkab Karo perlu memikirkan pentingnya dilakukan pemekaran Kota Kabanjahe.Tujuannya, kata dia, tetap untuk mengurai kepadatan di inti kota yang kian hari dirasa semakin sesak.

“Jalan lingkar Kabanjahe sudah lama diterlantarkan dan perlu dibenahi kembali. Padahal, sudah miliaran rupiah anggaran Pemkab Karo habis untuk pembangunan jalan itu semasa kepemimpinan Bupati Karo DD Sinulingga,” ungkap Dasar.

Terpisah, Kepala Dinas PUD Karo, Ir. Paten Poerba kepada wartawan usai mengikuti seleksi kompetensi pejabat eselon II Pemkab Karo mengatakan, peningkatan jalan ring road Kota Kabanjahe sudah diprogramkan Dinas PUD Karo di APBD TA 2017.

“Besaran anggarannya belum bisa dipastikan untuk saat ini. Intinya, peningkatan jalan itu sudah diprogramkan.

Sesuai instruksi Bapak Bupati Karo, jalan itu akan di benahi untuk mengurai kepadatan yang terjadi di inti Kota Kabanjahe,” jelas Paten.

  • ROBINSON PURBA

Ke Atas