Sorot

Narkotika Marak dan Mulai Masuki Relokasi Pengungsi Sinabung

print

Ilustrasi. KABAR SUMUT/robinson purba

TANAH KARO | KABAR SUMUT

Narkotika jenis sabu sabu diduga marak dan telah mulai memasuki daerah relokasi pengungsi Sinabung di desa Siosar Kabupaten Tigapanah.Barang haram tersebut diduga dibawa oknum yang tak bertanggung jawab dari Kabanjahe. Hal ini dikatakan 4 anggota DPRD Karo Edy Wijaya Sembiring, Amri Tarigan, Jon Karya Sukatendel dan Monni Pandia kepada Kabar Sumut Selasa (7/2) di Kabanjahe.

Menurut mereka hal ini diketahuinya berdasarkan pengakuan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dana Siap Pakai (DSP) untuk pengungsi Sinabung di Relokasi Siosar Sarman Tarigan, pada kunjungan kerja mereka minggu lalu.

Katanya, Sarman mangakui bahwa oknum oknum tak bertanggung jawab diduga sudah mulai melakukan penjualan dan penyebaran narkoba untuk meraup untung di Siosar. “Itu menurut pengakuan PPK DSP, kalau narkoba jenis ganja belum ada, namun sabu sabu sudah mulai ada yang bawa dari Kabanjahe,” kata mereka.

Mereka menjelaskan, bahwa hal ini menjadi tantangan baru yang sangat berat dan dilema yang akan berkepanjangan mengingat barang tersebut dapat merusak generasi penerus bangsa khususnya pengungsi korban erupsi gunung Sinabung. “Ini sangat memprihatinkan,” ungkapnya.

Hal ini menurut mereka karena kurangnya pengawasan dari instansi terkait, termasuk Pemkab Karo yang kurang memberikan atensi dan pembinaan mental terhadap generasi muda sebagai generasi penerus di daerah relokasi pengungsi. “Pemerintah harus memberikan pembinaan mental serta pemberdayaan, salah satunya memberikan pekerjaan maupun kegiatan kegiatan positif yang dapat dikerjakan sehinggga menjauhkan mereka dari peredaran dan pemakaian narkoba,” katanya.

Selain itu mereka berharap supaya aparat kepolisian tidak kecolongan dengan mulai maraknya peredaran narkoba ini di daerah relokasi Siosar. “Supaya menempatkan petugasnya ataupun pos polisi dilokasi relokasi untuk meminimalisir peredaran dan menghentikan segala jenis peredaran narkoba,” pinta mereka.

Kapolres Karo AKBP Rio Nababan ketika dikonfirmasi melalui selulernya mengatakan pihaknya tetap serius memberantas peredaran bebas narkotika. Pihaknya tetap mengawasi dan melakukan penindakan apabila adanya informasi  adanya penyalahgunaan narkotika. ” Akan kita telusuri,” katanya singkat.

  • ROBINSON PURBA
Ke Atas