KARO

Komunitas Karo UI Berikan Pelatihan Motivasi dan Pengenalan PTN Favorit Bagi Siswa SMA

print

Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, Plt Kadis Pendidikan Eddi S Surbakti foto bersama Pengurus Komunitas Saniogarih saat acara berlangsung di aula PPWG Zentrum Kabanjahe, Jumat (24/3). KABAR SUMUT/robinson purba.

TANAH KARO | KABAR SUMUT

Meskipun erupsi Gunung Sinabung terus saja melanda Tanah Karo, diharapkan tak menyurutkan semangat siswa di Karo untuk merebut kursi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terfavorit di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Karo yang pada akhirnya meningkatkan taraf hidup masyarakat Karo serta membangun Tanah Karo di masa yang akan datang. Hal ini dikatakan Ketua Yayasan Saniogarih, yakni keluarga besar Alumni dan Mahasiswa Karo Universitas Indonesia (UI), Dinas Sebayang, Jumat (24/3) di Kabanjahe.

Saniogarih UI berdiri sejak 29 Oktober 1988 dan aktif kembali ke Tanah Karo sejak 2012 lalu. Pihaknya gencar melaksanakan pelatihan motivasi kepada seluruh siswa-siswi SMA terbaik yang ada di Kabupaten Karo, sehingga semangat siswa termotivasi dan terpompa untuk tertantang masuk PTN Favorit, terlebih tanpa test.

Selain memotivasi, pihaknya juga memberikan akses informasi kepada seluruh siswa SMA di Karo tentang tahapan-tahapan dan peluang-peluang masuk PTN serta beasiswa-beasiswa yang dapat diperoleh dan dinikmati siswa.Adapun pelatihan motivasi tersebut dilakukan pihaknya di Zentrum PPWG Kabanjahe pada hari Jumat (24/3) dan di SMA Masehi Berastagi pada Sabtu (25/3). Kegiatan di Kabanjahe diikuti 400-an perwakilan siswa SMA yang ada di Kabupaten Karo.

Dalam kesempatan acara itu, hadir juga wakil bupati Karo Ibu Cory Sebayang dan Plt. Kadis Pendidikan Eddi S. Surbakti. “Kita adalah alumni UI dan bertekad membangun Karo melalui pendidikan yakni dengan membantu dan menantang siswa-siswi SMU di Tanah Karo untuk masuk PTN favorit,” kata Sebayang. Sebagai contohnya SMU Masehi Berastagi yg merupakan binaan Yayasan Saniogarih selama beberapa tahun terakhir telah menunjukkan hasil yg cukup baik dari segi kelulusan siswanya ke PTN Favorit. Tahun 2013 terdapat 23 orang siswa yang lulus PTN dan naik drastis menjadi 137 orang siswa lulus PTN di tahun 2016.

Acara yang dikemas apik itu mampu membakar semangat para siswa perwakilan SMA di Karo sehingga siswa termotivasi untuk merebut kursi PTN favorit. Semangat menggebu-gebu itu diharapkan mampu menjadi acuan pencapaian kursi PTN selepas tamat SMA, bukan hanya semangat yang bisa kendur ketika tidak dimotivasi kembali.

Pada pelatihan motivasi itu, wakil bupati Karo Cory Sebayang beserta Plt. Kadis Pendidikan mengharapkan kegiatan ini mampu membuka wawasan para siswa untuk dapat merebut kursi PTN favorit dengan semangat. Kiranya pelatihan ini sangat bermanfaat dan para siswa diharapkan sebagi generasi penerus yang mampu membangun bangsa.

Di akhir acara, pihak Saniogarih UI menantang siswa se-Karo untuk mengikuti jejak langkah Dirut Pertamina Elia Massa Ginting  Manik yang merupakan putra Karo. Kemudian, pihaknya juga menantang akan membantu uang kuliah dan memberikan biaya hidup gratis selama 6 bulan kepada siswa yang dapat masuk PTN UI. “Siapa yang lulus UI baik melalui undangan atau tes dan memiliki kesulitan dalam biaya, akan kita bantu biaya hidup dan kuliahnya selama 6 bulan,” kata tim Saniogarih.Lanjutnya acara ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Kabupaten Karo.

Pada acara ini turut hadir Andri Rizki Putra, pendiri Yayasan Pemimpin Anak Bangsa yang mampu mencapai Sarjana Hukum UI pada usia 19 tahun dan saat ini telah diterima masuk program S2 di Boston University melalui beasiswa LPDP. Ia menekankan pembangunan kejujuran dan karakter untuk menjadi kader pemimpin anak bangsa di Indonesia.

Hadir dalam pelatihan motivasi siswa ini putra putri terbaik Karo alumni UI yang bekerja di kementerian dan perusahaan perusahaan bergengsi seperti Debora Manik Direktur HR South East Asia Target Sourcing Amerika, Cerah Bangun Kakanwil Bea dan Cukai Maluku, Papua Barat, dan Papua, Dr Yostoto Kaban SpOG dan Robert Sinuhaji pengusaha dan tim saniogarih lainnya.

  • ROBINSON PURBA
Ke Atas