KARO

Warga Desa Gurukinayan Kembali Unjuk Rasa

print

Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang bersama perwakilan demonstran asal desa Gurukinayan di ruangan rapat asisten kantor Bupati Karo, Rabu (9/5). KABAR SUMUT/robinson purba.

TANAH KARO | KABAR SUMUT

Sejumlah demonstran yang merupakan para pengungsi asal Desa Gurukinayan kembali menggelar unjuk rasa di Kantor Bupati Karo,menuntut Pejabat Kepala Desa Gurukinayan agar diganti, Selasa 09/5//2017.

Hasil amatan KABAR SUMUT di lapangan, para peserta unjuk rasa, yang sebagian besar adalah etnik yang dahulunya menuntut agar pemilihan Kepala Desa Gurukinayan Kecamatan Payung Ditunda. Kini masyarakat tersebut menuntut untuk mengadakan pemilihan kepala Desa Gurukinayan dilaksanakan segera.

Mereka juga kompak berseru meminta agar Pj.Kepala Desa Gurukinayan agar segera diganti karena tidak pernah mendatangi dan menduduki desa, mereka juga mereka tertipu dengan adanya pemilihan Pj.Kepala Desa yang sekarang karena pada saat penentuan Pj.Kepala desa masyarakat Gurukinayan diminta tanda tangan persetujuan dengan iming-iming mendapatkan bantuan.

Demonstrasi Desa Gurukinayan ini berlangsung damai dan pada saat mengadakan unjuk rasa demonstran diterima langsung oleh Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang di ruangan rapat asisten kantor Bupati Karo.

Warga yang menjadi perwakilan desa Gurukinayan menyatakan “Kami minta agar Pemerintah Kabupaten Karo mengadakan pemilihan Kepala Desa di desa Gurukinayan, kami tidak setuju dengan PJ. Kepala Desa kami yang sekarang, karena beliau jarang berkunjung Ke desa kami sehingga kami kesulitan untuk mengurus surat-surat”,
Wakil Bupati Karo menyambut marah para demonstran tersebut, karena masalah selalu saja muncul dari Desa Gurukinayan.

“Masyarakat Tanah Karo yang paling sulit diatur adalah Desa Gurukinayan, sudah banyak kerugiaan Kabupaten Karo yang disebabkan oleh Desa Gurukinayan tersebut” tegas Cory.Wakil Bupati Karo menyarankan agar membuat laporan kepada pihak yang berwajib apabila merasa tertipu dengan adanya pemilihan Pj.Kepala desa.

Sementara itu, Kepala pelaksana BPBD Kabupaten karo Martin Sitepu juga menambahkan bahwa kerugian yang dibuat Desa Gurukinayan ini karena membludaknya jumlah Penduduk Desa Gurukinayan Pasca Erupsi Gunung Sinabung yang mendapatkan pergantian lahan dan rumah.

Pemilihan Kepala Desa Gurukinayan diadakan pada Pilkades Serentak selanjutnya.
Tampak polisi dan satpol PP Kabupaten Karo di sepanjang jalan-jalan besar dan di sekeliling Kantor Bupati Karo berjaga-jaga.

  • ROBINSON PURBA
Ke Atas