KARO

PENANAMAN POHON DI JALAN TEMBUS KARO LANGKAT

print

Penanaman pohon yang melibatkan personil Kodim 0205/TK, Batalyon 125/SMB, Polres Tanah Karo, Satpol PP dan Polisi Kehutanan,Selasa (23/5). KABAR SUMUT/robinson purba

TANAH KARO | KABAR SUMUT

Bupati karo Terkelin Brahmana,SH bersama Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu , Kapolres Tanah Karo AKBP Rio Nababan SIK, anggota DPRD Karo Thomas Joverson Ginting melakukan gerakan penanaman pohon di jalan tembus karo langkat Desa Kuta Rayat, Kec. Namanteran, Kabupaten Karo Selasa (23/5) pukul 09.00 wib.

Amatan Kabar Sumut dilapangan, penanaman pohon ini melibatkan personil Kodim 0205/TK, Batalyon 125/SMB, Polres Tanah Karo, Satpol PP, Polisi Kehutanan dan beberapa Kepala OPD.

Tujuan penanaman pohon ini adalah bagian dari intruksi dari Gubernur Sumut dan Pangdam I/BB
Taman Hutan Raya yang berkisar 5600 ha yang meliputi 4 Kabupaten ini telah digarap oleh beberapa oknum masyarakat yang mengakibatkan gundulnya hutan sekitar 700 ha

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan agar habitat kawasan hutan yg ada di Desa Kutarakyat yg dirambah seluas ± 700 ha oleh oknum masyarakat dapat mengembalikan kembali fungsi hutan tersebut sebagai hutan konservasi yg diakui dunia yang merupakan paru paru dunia, oleh sebab itu ini hari ini diadakan penanaman awal pohon sebanyak ± 3000 batang yang selanjutnya akan direncakan jadwal penanaman pohon kembali utk memenuhi penanaman pohon seluas ± 700 ha tersebut.

Penanaman pohon ini juga bertujuan untuk mewujudkan gerakan Indonesia menanam pohon dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta mengurangi pemanasan global.
Koordinator dalam penanaman untuk penghijauan kembali hutan ini adalah Dandim 0205/ TK Letkol Inf. Agustatius Sitepu.

Sementara itu Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, mengungkapkan, sangat mendukung dan mengapreasasi kegiatan penanaman pohon ini karena fungsi hutan konservasi yg hampir gundul seluas 700 ha ini akan kembali fungsinya ke habitatnya semula sesuai fungsi hutan ,bukan fungsi lahan bercocok tanam , bagi masyarakat yg bercocok tanam di lahan tersebut supaya tdk melanjutkan kembali bercocok tanam.

Dalam pelaksanaan penanaman pohon tersebut selain Forkopimda Kab. Karo peserta yg ikut ambil bagian adalah SKPD Kab. Karo, TNI/Polri, , dan Satpol PP karo serta masyarakat sekitar.

  • ROBINSON PURBA
Ke Atas