KARO

Bupati Karo Sidak Gudang ke Logistik BPBD Karo

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH saat melaksanakan sidak ke gudang penyimpanan logistik BPBD Karo. KABAR SUMUT/Ist

print
KABANJAHE | KABAR SUMUT

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di gudang penyimpanan logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Kamis (4/1/2018). Dalam sidak ini, Bupati menyesalkan menumpuknya bantuan di gudang tersebut.

Terkelin lantas mengecek seluruh barang di dalam gudang tersebut. Ia menanyakan kepada Kasi Logistik BPBD Karo, Panji Surianta yang kebetulan berada di dalam gudang, terkait barang-barang yang ada bertumpuk dimana mana beraneka ragam bentuknya di dalam gudang itu.

Terkelin yang didampingi Asisten III Setdakab Karo Mulianta Tarigan dan Kepala Bappeda Karo Ir. Nasib Sianturi M.Si merasa sangat kecewa karena bantuan ditumpuk di gudang. Padahal, warga pengungsi sangat membutuhkan disaat natalan dan jelang tahun baru kemarin.

“Seharusnya barang-barang ini secepatnya disalurkan kepada pengungsi korban erupsi Sinabung. Jangan dilama-lamakan berada di gudang, karena masyarakat pengungsi yang tinggal di huntara sangat butuh. BPBD Karo seharusnya tanggap dan peka akan kebutuhan pengungsi,” jelasnya.

Saat itu juga, Terkelin meminta Kasilog BPBD segera memberikan laporan terkait administrasi barang-barang bantuan yang ada. Apa saja bentuknya, dari mana, siapa yang memberikan bantuan dan berapa jumlahnya. “Ini perlu sebagai arsip administrasi di kemudian hari agar tidak ada masalah, hingga semuanya clear and clean,” tegasnya.

Sementara, Kasi Logistik BPBD Karo Panji Surianta menjelaskan, barang-barang yang ditumpuk di gudang tersebut, bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provsu, berupa beras kuku balam 10 Kg sebanyak 250 goni/karung, gula pasir 300 Kg, minyak goreng 2 liter sebanyak 350 sachet, mie instan 250 kotak, ikan kaleng 425 gram sebanyak 350 kaleng.

“Kami akan segera menindaklanjuti perintah Bupati Karo untuk menyalurkan bantuan itu. Rencananya akan digabungkan dengan pengadaan dari pihak BPBD Karo pada tahun 2017,” kata dia.

Pengadaan tersebut berupa piring plastik 348 lusin, cangkir plastik 348 lusin, sendok makan 348 lusin, sendok goreng 348 buah, sendok sop 348 buah, baskom sayur nikel 1.044 buah, ember tutup (6 galon) 348 buah, gayung air 348 buah dan sendok kuali 16 inchi 348 buah.

“Barang-barang tersebut rencananya akan disalurkan lusa ke huntara di Desa Ndokum Siroga Kecamatan Simpang Empat yakni untuk masyarakat Desa Pintu Besi, Kuta Tengah, Jeraya dan di Terong Peren untuk warga Desa Mardinding. Bantuan ini disalurkan untuk 348 KK/ 4 posko yang dihuni 4 desa,” kelit Panji.

  • REL

 

Ke Atas